logo


Keluarkan Perintah Eksekutif untuk Tangani Krisis Covid-19, Biden: Kita dalam Situasi Darurat Nasional

Setelah resmi dilantik sebagai presiden AS, Joe Biden langsung mengambil tindakan tegas dalam menangani situasi Covid-19

22 Januari 2021 11:00 WIB

Joe Biden
Joe Biden politico

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden langsung mengambil tindakan terkait penanganan Covid-19 di AS dengan melakukan koordinasi bersama pemerintahannya untuk meningkatkan pemeriksaan dan vaksinasi serta mengeluarkan mandatori penggunaan masker.

"Situasi akan semakin memburuk sebelum nantinya membaik," ujar Biden dikutip Channel News Asia.

Ia, secara pribadi, juga mengharap warga AS untuk selalu menggunakan masker dan menjaga protokol kesehatan dalam 100 hari ke depan untuk menghentikan penyebaran Covid-19 yang sejauh ini sudah membunuh lebih dari 400 ribu warga AS dan menginfeksi lebih dari 24 juta lainnya. Angka tersebut membuat AS menjadi negara dengan jumlah kasus infeksi dan angka kematian akibat covid-19 tertinggi di dunia.


Nggak Efektif Cegah Covid-19, Warga Perancis Diminta Tak Gunakan Masker Berbahan Kain

Memburuknya situasi krisis kesehatan tersebut membuat pemerintah terpaksa memberlakukan kebijakan lockdown. Hasilnya, jutaan warga AS harus rela kehilangan sumber penghasilan mereka.

"Ini adalah situasi perang," tambah Biden.

Memburuknya situasi krisis Covid-19 AS selama masa pemerintahan Donald Trump membuat Joe Biden terpaksa mengeluarkan jurus dengan menandatangani perintah eksekutif dalam rangka meningkatkan pemeriksaan Covid-19, pendistribusian vaksin dan memberlakukan aturan karantina bagi semua yang masuk ke AS. Ia juga ingin membalikkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.

"Kita dalam situasi darurat nasional," tukasnya.

Kasus Covid-19 Naik, tapi Uni Eropa Minta Negara Anggota Tak Tutup Wilayah Perbatasan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia