logo


Komjen Listyo Sigit Janji Hidupkan PAM Swakarsa, KSP Sebut Berbeda dengan Orde Baru

KSP menjelaskan bahwa PAM Swakarsa bentukan Polri adalah amanat Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri

22 Januari 2021 08:30 WIB

Listyo Sigit Prabowo
Listyo Sigit Prabowo Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kapolri terpilh Komjen Listyo Sigit Prabowo berjanji akan menghidupkan kembali PAM Swakarsa. Ia mengatakan bahwa pengaktifan kembali PAM Swakarsa bertujuan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sementara itu, Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani memastikan bahwa PAM Swkarsa bentukan Polri berbeda dengan PAM Swakarsa pasa saat orde baru.

"PAM Swakarsa yang dimaksud Kapolri Sigit berbeda dengan PAM Swakarsa 1998," ujarnya seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (21/1/2021).


Listyo Sigit Segera Dilantik Jadi Kapolri, FPI Sulsel: Harapan Kita Agar Tak Ada yang Ditutup-tutupi

Jaleswari menjelaskan bahwa PAM Swakarsa bentukan Polri adalah amanat Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri. Dalam UU tersebut, kepolisian wajib melakukan koordinasi, pengawasan, dan pembinaan teknis. PAM Swakrsa meliputi satuan pengamanan (satpam), satuan kemanan lingkungan (satkamling), dan perizinan yang dikeluarkan Polri.

"Serta mencegah praktik eigenrichting atau main hakim sendiri karena di tingkat msyarakat seperti apa yang bisa turut serta membantu tugas Polri lewat mekanisme perizinan yang ada," jelasnya.

Diketahui, PAM Swakarsa dibentuk pada tahun 1998. PAM Swakarsa merupakan kelompok sipil yang dipersenjatai untuk mengamankan Sidang Istimewa di MPR/DPR saat awal reformasi.

Optimis Komjen Listyo Usut Penembakan FPI, Amien Rais: Omongannya kan Merdu

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati