logo


Soal Polisi Tak Bawa Pistol, PKS: Dengan Pentungan Saja

Listyo Sigit ingin kedepannya, polisi tidak membawa pistol saat bertugas di lapangan.

21 Januari 2021 14:30 WIB

Achmad Dimyati
Achmad Dimyati Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komjen Listyo Sigit Prabowo saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon kapolri mengatakan ingin polisi tidak membawa pistol saat bertugas di lapangan.

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PKS, Achmad Dimyati, ingin polisi pintar bela diri dan diberi pentungan.

"Memang polisi itu kalau bisa di lapangan jangan semua pegang senjata, karena sudah humanis, polisi disiapkan ahli bela diri, dengan pentungan saja, tongkat pentungan saja, jadi tumpul, nggak ada yang tajam. Polisi kan bukan untuk membunuh, tapi ada polisi dipersenjatai, melawan teroris, melawan gerombolan, Brimob, Densus 88, itu yang mungkin dipersenjatai disiapkan," kata Dimyati seperti diberitakan Detikcom, Kamis (21/1).


Bercita-cita Tak Bawa Pistol Saat Bertugas, Komjen Listyo Sigit: Asalkan Kepercayaan Publik Tinggi

Dimyati juga menyinggung soal program pam swakarsa yang akan diterapkan Komjen Sigit.

"Jadi polisi jumlahnya kan terbatas, sementara kepadatan penduduk Indonesia itu berapa ratus juta, nggak sebanding dengan polisi yang ada, maka polisi harus ciptakan banpol-banpol (bantuan polisi), polisi pembantu, sejenis swakarsa," katanya.

"Jadi ada tapi bukan preman, harus ada dapat rekomendasi polisi, dilatih polisi. Jadi kalau ada orang mau bentuk itu, ya paling bagus dibentuk oleh masyarakat, keamanan masyarakat oleh warga setempat, karena banyak disalahgunakan pam swakarsa keamanan akhirnya nanti mengarah premanisme ini yang dikhawatirkan, harus profesional, harus dilegalisasi oleh polisi, jangan orang biasa membuat seenaknya," jelas Dimyati.

Sebelumnya, Listyo Sigit ingin kedepannya, polisi tidak membawa pistol saat bertugas di lapangan.

"Peting sekali kami berusaha untuk mencoba berandai-andai bagaimana kalau polisi kami ke depan di lapangan tanpa pistol begitu, Pak. Kemudian bisa bicara anda berhenti bubar dan itu dilaksanakan, itu cita-cita kami Pak," kata Listyo Sigit saat uji kepatuhan dan kelayakan calon Kapolri di ruangan Komisi III DPR, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Komjen Listyo Sigit Ingin Polantas Tak Menilang, PKS: Meminimalkan Pungli

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata