logo


Rugi Terus, LG Kapok Bikin Smartphone?

LG dikabarkan akan segera menarik diri dari pasar smartphone karena tidak lagi mampu bersaing

21 Januari 2021 14:15 WIB

LG booth
LG booth gizmologi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, LG, dikabarkan akan segera mengibarkan bendera putih dalam persaingan pasar smartphone global. Rumor tersebut pertama kali muncul beberapa hari lalu dan diberitakan oleh media Korea Selatan The Elect.

Meski seorang petinggi LG mengeluarkan bantahan atas rumor tersebut, namun beberapa hari kemudian CEO LG mengirimkan sebuah memo internal kepada karyawannya.

Dilansir dari Gizchina pada Kamis (21/1), dalam memo tersebut, CEO LG Kwon Bong Seok, memberikan petunjuk bahwa akan ada perubahan skala besar dalam operasional divisi mobile mereka. Namun, ia menegaskan bahwa pihak perusahaan akan semaksimal mungkin mempertahankan para pegawainya untuk mencegah terjadinya PHK besar-besaran.


Donald Trump Batalkan Lisensi Kerja Sama Perusahaan AS dengan Huawei

Menurutnya, pasar smartphone saat ini sudah semakin kompetitif, sehingga mereka perlu mengambil pertimbangan secara matang terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan terkait kontinuitas produksi ponsel mereka. Pernyataan tersebut bisa saja berarti bahwa LG menyadari jika mereka tidak lagi mampu bersaing dalam pasar smartphone dan akan segera menarik diri.

Dalam lima tahun terakhir, divisi smartphone LG terhitung mengalami kerugian total hingga mencapai 5 triliun won atau setara dengan USD 4,5 miliar. Sedangkan divisi lainnya, berhasil meraup keuntungan finansial yang sangat besar, atau bahkan terbesar dalam sejarah perusahaan.

Perusahaan riset Counterpoint Research mengatakan bahwa LG hanya mengirimkan 6,5 juta unit smartphone pada kuartal ketiga tahun 2020, dan hanya mendapatkan 2% market share.

Maskapai EasyJet Sebut Booking Tiket untuk Liburan Musim Panas Tahun Ini Meningkat 250 Persen

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia