logo


Munarman Tuding Pemblokiran Rekening FPI Picu Rush Money, PPATK: Sangat Tidak Berdasar!

PPATK mengatakan bahwa sistem keuangan dan perekonomian di Indonesia justru akan kehilangan kepercayaan dari masyarakat dan dunia apabila tidak melakukan pemblokiran rekening FPI

21 Januari 2021 06:30 WIB

Jubir FPI, Munarman
Jubir FPI, Munarman Tempo

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Eks Sekretaris Umum FPI, Munarman menuding bahwa pemblokiran rekening FPI akan berpotensi runtuhnya kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan di Indonesia. Ia mengatakan bahwa pemblokiran rekening tersebut akan memicu terjadinya rush money, yakni fenomena ketika masyarakat berbondong-bondong menarik simpanan mereka di bak.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae menilai bahwa tudingan Munarman tidak berdasar.

"Sangat tidak berdasar. Seperti sering saya katakan. Kami sering memblokir rekening nasabah dari segala jenis kejahatan," kata Dian seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (20/1/2021).


PKS Bilang Rizieq Tak Dendam ke Pemerintah, Ferdinand: Dia Tak Sedang Dijahati atau Dizalimi

Dian mengatakan bahwa sistem keuangan dan perekonomian di Indonesia justru akan kehilangan kepercayaan dari masyarakat dan dunia apabila tidak melakukan pemblokiran rekening.

"Karena kita dianggap membiarkan sistem keuangan kita dipakai oleh segala jenis kejahatan," ujarnya.

Lebih lanjut, Dian mengatakan bahwa rekenig tersebut akan bisa diakses lagi apabila setelah pemeriksaan tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan. Saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan dan analisis terkait dugaan transaksi keuangan FPI.

Pandji Sebut FPI Lebih Dekat dengan Masyarakat, Denny Siregar: Hati-hati, NU dan Muhammadiyah Bisa Tersinggung lho

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati