logo


Soal Alasan Jokowi Tunjuk Komjen Listyo Sigit, Moeldoko: Ya Kriterialah

Moeldoko menyebut ada faktor yang dipertimbangkan oleh Jokowi.

20 Januari 2021 18:30 WIB

tagar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengungkap kriteria yang menjadi dasar penunjukan Komjen Listyo Sigit.

"Ya kriterialah. Kan semua ada kriteria. Kapasitas, kapabilitas, loyalitas, integritas, itu bagian dari semua itulah. Jadi semua agregat dari indikator-indikator yang dikenali dari awal itu memunculkan sebuah agregat. Dan agregat itu seseorang akan dipilih begitu. Jadi bukan karena macam-macam. Jangan diartikan macam-macam," kata Moeldoko kepada wartawan, Rabu (20/1).

Moeldoko mengatakan bahwa seorang pemimpin memiliki tanggung jawab dan juga kemampuan yang luar biasa.


Sebut Listyo Sigit Cerdas dan Bertangan Dingin, Politikus PKS: Kami Sudah Terpesona

"Itu berkaitan dengan capability seseorang. Kapasitas dia dalam mengadopsi berbagai persoalan, dia sudah terbukti. Berikutnya lagi loyalty. Seorang pemimpin harus punya loyalty kepada negara. Itu pasti. Nggak bisa ditawar itu. Integritas satunya kata dengan perbuatan, itu juga yang selalu dilihat. Tanggung jawab dan seterusnya," kata Moeldoko.

"Itu beberapa hal yang menjadi pertimbangan seseorang untuk bisa menduduki jabatan tertinggi di dalam sebuah organisasi itu. Jadi pertimbangannya seperti itu. Bukan yang lain-lain," sambung Moeldoko.

Disetujui Komisi III DPR, Listyo Sigit Prabowo Sah Menjadi Kapolri

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata