logo


Penelitian Oxford Ungkap Inggris Jadi Negara dengan Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Tertinggi di Dunia

Penerlitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford mengungkap bahwa setiap harinya ada 935 kasus kematian di Inggris pada pekan lalu.

20 Januari 2021 13:00 WIB

Seorang wanita berjalan di dekat telepon umum di London
Seorang wanita berjalan di dekat telepon umum di London istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford mengungkapkan bahwa Inggris saat ini menjadi negara dengan tingkat kematian akibat infeksi Covid-19 tertinggi di dunia.

Menurut penelitian tersebut, setiap harinya ada 935 kasus kematian tambahan akibat infeksi virus Sars-Cov-2 di Inggris pada pekan lalu, atau setara dengan lebih dari 16 orang per satu juta yang meninggal dunia akibat infeksi Covid-19.

Data tersebut dirilis usai Perdana Menteri Boris Johnson menekankan bahwa meski ia sangat memahami bahwa masyarakat Inggris ingin segera kembali ke kehidupan normal, namun hal itu tergantung dari perkembangan situasi wabah Covid-19 di negara tersebut.


Ada Keterkaitan dengan Kelompok Militan, 12 Orang Tentara AS Dikeluarkan dari Tugas Pengamanan Pelantikan Presiden

"Itu tergantung pada program vaksinasi yang berjalan dengan baik, itu tergantung dari langkah mitigasi kita, dan tergantung dari semua orang, kita semua, mengingat kita belum keluar dari permasalahan," kata Johnson dikutip Sputniknews.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan bahwa pemerintah Inggris berharap untuk melonggarkan kebijakan pembatasan sebelum akhir Februari seiring dengan dimulainya program vaksinasi. Meski demikian, pencabutan lockdown tersebut akan tetap dilakukan secara bertahap.

"Apa yang kami ingin lakukan adalah untuk mencabut lockdown nasional ini secepat mungkin. Pada awal musim semi mendatang, semoga pada bulan Maret, kita dapat mengambil keputusan. Saya pikir ini adalah sebuah hal yang benar untuk dikatakan bahwa kami tidak akan melakukannya dalam satu waktu," ujarnya.

Universitas Johns Hopkins mencatat, Inggris sudah mengkonfirmasi 3.443.350 kasus Covid-19 pada Senin pekan ini, dengan 90.031 kematian.

AS Bakal Tingkatkan Sikap Agresif Mereka terhadap China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia