logo


Airlangga Tak Terbuka Ketika Terpapar Covid-19, Epidemiolog: Mungkin Khawatir Dibully

Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono menilai seorang pejabat publik seharusnya memberikan contoh ke publik untuk terbuka terkait kondisinya.

20 Januari 2021 12:08 WIB

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto\n\n
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dok. Kemenperin

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono menyayangkan sikap Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yang tidak jujur bahwa dirinya pernah terpapar Covid-19. Pandu menduga Airlangga menutupi kondisinya karena khawatir dirundung atau dibully.

"Termasuk karena dia ketua KPC dan PEN. Jadi mungkin ada kekhawatiran masyarakat membully atau menstigma," kata Pandu seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (19/1/2021).

Pandu mengaku kecewa dengan sikap Airlangga yang tidak melaporkan ke publik terkait kondisinya yang pernah terpapar Covid-19. Ia menilai seorang pejabat publik seharusnya memberikan contoh ke publik untuk terbuka terkait kondisinya.


Peningkatan Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Jerman Perpanjang Lockdown

"Saya sangat kecewa sekali sama Pak Airlangga, karena dia tidak memanfaatkan sebagai pemimpin melakukan sikap positif dan membangun dalam penanganan pandemi," ujarnya.

Diketahui, baru-baru ini Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa ia pernah terpapar Covid-19 pada tahun 2020. Oleh karena itu sebagai bentuk rasa syukurnya ia mendonorkan plasma konvalesen. Publik pun menjadi heboh lantaran tidak tahu kapan Airlangga Hartarto terpapar corona.

Airlangga Tak Jujur Soal Corona, Ahli: Bisa Jadi Tersangka Seperti Rizieq

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati