logo


Konflik Timur Tengah Sepi selama Trump Jadi Presiden AS

Donald Trump mengatakan bahwa selama dirinya menjabat sebagai presiden AS, pemerintahannya berhasil membuat kawasan Timur Tengah menjadi lebih damai

20 Januari 2021 08:55 WIB

Donald Trump
Donald Trump ABC News

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Donald Trump pada Rabu (20/1) menyampaikan pidato terakhirnya sebagai presiden Amerika Serikat sebelum digantikan oleh Joe Biden.

Dalam pidato tersebut, Trump menyebut kesepakatan damai di Timur Tengah yang ia inisiasi dan kampanye perlawanan terhadap China, sebagai salah satu keberhasilan yang telah berhasil dicapai oleh pemerintahannya.

"Kami merevitalisasi aliansi kami dan mendorong negara-negara di dunia untuk berdiri menentang China seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Trump.


Laptop Jubir DPR AS Hilang, FBI Curiga Perangkat Itu Hendak Dijual kepada Intelijen Rusia

"Sebagai hasil dari diplomasi tegas kami...kami telah mencapai serangkaian perjanjian damai dalam sejarah di Timur Tengah....dan kami juga membawa pulang tentara kami...Saya sangat bangga menjadi presiden (AS) pertama dalam beberapa dekade terakhir yang tidak memulai perang baru," tambahnya.

Dalam kampanye pilpres 2016 lalu, Trump berjanji bahwa dirinya akan mengakhiri "perang tak berakhir" yang selama ini melibatkan Amerika Serikat, dan menarik mundur pasukan AS dari negara asing. Pada tahun 2018, secara mengejutkan dirinya mengumumkan penarikan pasukan dari wilayah Suriah, dan hanya menyisakan sebuah kontingen kecil di negara tersebut untuk "mengamankan minyak mentah" mereka.

Selama masa pemerintahannya, Trump juga menginstruksikan pengurangan jumlah personil militer AS di Irak dan Afghanistan.

Donald Trump Batalkan Lisensi Kerja Sama Perusahaan AS dengan Huawei

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia