logo


Donald Trump Batalkan Lisensi Kerja Sama Perusahaan AS dengan Huawei

Seorang narasumber Reuters mengatakan bahwa pemerintahan Donald Trump sudah membatalkan ijin sejumlah perusahaan AS yang ingin bekerjasama dengan Huawei

19 Januari 2021 15:30 WIB

Huawei
Huawei Metro

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pemerintahan Donald Trump telah membatalkan sejumlah lisensi penjualan komponen milik beberapa perusahaan AS kepada Huawei. Hal tersebut disampaikan oleh seorang narasumber anomim kepada Reuters.

Narasumber tersebut mengatakan bahwa lisensi milik sejumlah pihak penyedia komponen chipset Huawei, termasuk Intel, dilaporkan telah dicabut dan pemerintah AS juga berencana menolak permohonan "puluhan" perusahaan AS yang ingin bekerja sama dengan Huawei.

Ia menambahkan bahwa sebelum keputusan tersebut diambil, permohonan sekitar 150 lisensi ekspor kepada raksasa teknologi China tersebut, senilai $120 miliar juga sudah tertunda.


Trump Cabut Aturan Larangan Masuk AS, Jubir Joe Biden: Ini Bukan Waktunya

Meskipun sudah masuk ke dalam daftar hitam AS sejak 2019 lalu, Huawei sejauh ini terus menggunakan komponen-komponen buatan Intel, termasuk chipset, untuk digunakan dalam berbagai perangkat mereka, termasuk laptop MateBook X Pro dan MateBook seri 13/14.

Pada 2019, Departemen Perdagangan AS menjatuhkan sanksi terhadap Huawei beserta 70 perusahaan afiliasi mereka sehingga tidak lagi dapat bekerja sama dengan perusahaan asal AS. Sanksi tersebut juga membuat Huawei tidak lagi mendapatkan lisensi dari Google dalam smartphone Android mereka.

Pada Desember 2020, the FInancial Times melaporkan bahwa pihak aliansi AS dari Eropa sangat frustrasi dengan pembatasan yang dilakukan oleh AS tersebut, mengingat hanya perusahaan asal AS saja yang diijinkan untuk bekerja sama dengan Huawei ataupun perusahaan asal China. Perusahaan Eropa khawatir jika mereka juga akan dijatuhi sanksi oleh pemerintah AS jika nekat menjalin kerja sama dengan Huawei.

Apple Diminta Segera Hapus Aplikasi Telegram dari App Store. Mengapa?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×