logo


Gubernur New York Minta Pfizer Jual Vaksin Langsung kepada Pemerintah Negara Bagian

Andrew Cuomo, gubernur New York, meminta kepada Pfizer agar menjual vaksin Covid-19 secara langsung kepada pemerintah negara bagian agar pendistribusian vaksin lebih cepat.

19 Januari 2021 14:00 WIB

Gubernur New York Andrew Cuomo
Gubernur New York Andrew Cuomo Ist

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Gubernur New York Andrew Cuomo meminta Kepala Eksekutif Pfizer Albert Boula agar pemerintah negara bagian AS dapat membeli vaksin Covid-19 buatan mereka secara langsung tanpa harus menunggu pengiriman dari pemerintah pusat.

"Dengan tingkat rawat inap dan kematian (akibat Covid-19) yang terus meningkat di seluruh negara selama musim dingin ini, kita akan kalah jika kita tidak meningkatkan secara dramatis jumlah dosis yang diberikan kepada warga New York," kata Cuomo dalam sebuah surat yang ia layangkan kepada CEO Pfizer, dikutip Reuters.

"Setelah saya dan tujuh gubernur negara bagian lain meminta pemerintahan Trumo untuk mengirimkan lebih banyak dosis, yang mana Menteri Kesehatan Alex Azar mengatakan bahwa hal tersebut dalam perjalanan. Namun, hingga kini pemerintah pusat tidak memenuhi janji mereka," tambahnya.


China Segera Jatuhkan Sanksi kepada Pejabat AS yang Terlibat dalam Isu Taiwan

Namun, Pfizer mengatakan bahwa permohonan seperti itu harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Kesehatan AS (HHS) terlebih dahulu mengingat perusahaan farmasi tersebut sudah bekerja sama dengan Kemenkes AS dalam pendistribusian vaksin Covid-19.

Sementara itu, pemerintahan Donald Trump sendiri sebelumnya sudah menjanjikan akan mengirimkan 20 juta dosis vaksin pada akhir tahun 2020, namun nyatanya hanya sekitar 10,6 juta dosis yang sudah didistribusikan pada pekan lalu.

Korsel Desak Joe Biden Segera Lakukan Negosiasi dengan Kim Jong Un soal Nuklir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia