logo


Korsel Desak Joe Biden Segera Lakukan Negosiasi dengan Kim Jong Un soal Nuklir

Presiden Korea Selatan meminta pemerintahan Joe Biden untuk melanjutkan negosiasi nuklir antara AS dan Korut yang selama tertunda.

19 Januari 2021 13:00 WIB

Joe Biden
Joe Biden istimewa

SEOUL, JITUNEWS.COM - Presiden Korea Selatan Moon Jae In mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden harus menggelar pembicaraan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, untuk melanjutkan progres negosiasi pelucutan nuklir yang tertunda setelah Donald Trump kembali menjatuhkan sanksi kepada Korea Utara pada 2019 lalu.

Joe Biden sendiri akan dilantik secara resmi sebagai presiden AS pada Rabu (20/1) menggantikan DOnald Trump.

Presiden Moon Jae In sebelumnya juga sudah menawarkan diri untuk menjadi mediator dalam negosiasi AS-Korut tersebut.


Menlu Rusia Sebut Semua Warga Azerbaijan yang Ditahan oleh Armenia Sudah Dikembalikan

"Pelantikan pemerintahan Joe Biden akan menyediakan sebuah perubahan pada dialog AS-Korea Utara, (Korea) Selatan-Utara, untuk meneruskan pencapaian yang sudah dibuat oleh pemerintahan DOnald Trump," kata Moon Jae In dalam sebuah konferensi pers dikutip Reuters.

"Dialog tersebut dapat mempercepat (negosiasi pelucutan nuklir Korut) jika kita memulainya dari deklarasi Singapura dan mencari kebijakan konkrit dalam negosiasi tersebut," tambahnya.

Sementara itu, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sebelumnya sudah berjanji untuk meningkatkan kemampuan persenjataan nuklir milik Korea Utara. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah rapat pada pekan lalu.

Moon menilai keputusan Kim Jong Un tersebut menjadi tanda perlunya untuk membuka kembali negosiasi perjanjian damai.

China Segera Jatuhkan Sanksi kepada Pejabat AS yang Terlibat dalam Isu Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia