logo


Proses Pemeriksaan Lebih Lama Pasca Brexit, Ekspor Daging Inggris Kacau Balau

Adanya penundaan dalam hal pemeriksaan pabean di perbatasan Inggris pasca Brexit, aliran ekspor daging Inggris terhenti

19 Januari 2021 11:15 WIB

Antrian truk peti kemas di perbatasan Inggris
Antrian truk peti kemas di perbatasan Inggris Sky News

LONDON, JITUNEWS.COM - Asosiasi Industri Daging Inggris (BMPA), pada Senin (18/1) mengatakan bahwa meningkatnya kekacauan di wilayah perbatasan pasca Inggris sepenuhnya keluar dari Uni Eropa (Brexit) telah menghentikan aliran ekspor daging Inggris.

BMPA mengatakan bahwa mereka sudah melakukan pengurangan volume perdagangan dengan Uni Eropa dan Irlandia Utara hingga 20 persen pada dua pekan pertama bulan Januari 2021 guna memudahkan pihak pabean untuk melakukan pemeriksaan.

Mereka mengatakan bahwa meskipun cara tersebut sudah dilakukan namun penundaan pengiriman masih terjadi.


AS Sedang Krisis Keamanan, Iran: Pihak Musuh Sedang Kolaps

"Sistem sertifikasi dan bea cukai berbasis kertas saat ini sudah sangat ketinggalan jaman. Itu tidak pernah dirancang untuk mengatasi (sebuah) rantai pasokan yang terintegrasi dan tepat waktu,” kata Nick Allen, kepala BMPA dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters.

Dengan adanya kesepakatan yang sudah tercapai antara pemerintah Inggris dan Uni Eropa pada bulan lalu, tarif dan kuota perdagangan diantara keduanya masih bebas. Namun, pihak eksportir, khususnya para penjualan barang segar, bisnis mereka masih menghadapi ancaman dari adanya penundaan yang disebabkan karena pengecekan bea cukai.

BMPA bahkan mengatakan bahwa penundaan tersebut membuat barang ekspor daging harus kembali kepada pihak eksportir karena pelanggan di wilayah Uni Eropa sudah mendapatkan pasokan dari supplier lain.

Trump Cabut Aturan Larangan Masuk AS, Jubir Joe Biden: Ini Bukan Waktunya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia