logo


Trump Cabut Aturan Larangan Masuk AS, Jubir Joe Biden: Ini Bukan Waktunya

Juru bicara pemerintahan terpilih Joe Biden menegaskan bahwa pihaknya akan memperketat aturan pembatasan perjalanan internasional

19 Januari 2021 10:45 WIB

Ilustrasi antrian penumpang saat check in di bandara
Ilustrasi antrian penumpang saat check in di bandara istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden terpilih AS Joe Biden berencana untuk segera memperpanjang kebijakan pembatasan perjalanan dari Eropa dan Brazil usai Donald Trump mencabut kebijakan tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh seorang juru bicara pemerintahan Joe Biden.

Pada Senin (18/1), Donald Trump telah mengeluarkan perintah pencabutan pembatasan perjalanan yang telah diberlakukan pada tahun 2020 lalu, yang efektif pada 26 Januari mendatang.

Dilansir dari Reuters, sesaat setelah perintah Trump tersebut diumumkan, Jen Psaki, juru bicara Joe Biden, mengatakan bahwa "berdasar saran dari tim medis kami, pemerintahan (Joe Biden) tidak berniat untuk mencabut pembatasan tersebut pada 26 Januari."


Presiden Korea Selatan Yakin Negaranya Capai Herd Immunity pada Akhir Tahun Ini

"Dengan memburuknya situasi pandemi, dan lebih mudah menularnya varian baru yang muncul di seluruh dunia, ini bukan waktunya untuk mencabut pembatasan perjalanan internasional," tambahnya.

Pada pekan lalu, kepala pusat pengendalian dan pencegahan penyakit menular (CDC) AS telah mengeluarkan aturan yang mewajibkan semua pendatang harus telah teruji negatif Covid-19 sebelum memasuki wilayah Amerika Serikat per 26 Januari mendatang.

Sementara itu, aturan larangan masuk ke Amerika Serikat bagi pendatang dari wilayah Eropa tersebut sebenarnya sudah diberlakukan sejak pertengahan Maret lalu, sementara aturan larangan masuk bagi pendatang asal Brazil diberlakukan sejak Mei.

"Faktanya, kami berencana memperketat kebijakan kesehatan masyarakat terkait perjalanan internasional untuk melakukan langkah mitigasi yang lebih lanjut terhadap penyebaran Covid-19," tandasnya.

AS Sedang Krisis Keamanan, Iran: Pihak Musuh Sedang Kolaps

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia