logo


Presiden Korea Selatan Yakin Negaranya Capai Herd Immunity pada Akhir Tahun Ini

Presiden Korea Selatan mengatakan bahwa program imunisasi Covid-19 yang akan dimulai pada Februari mendatang akan membuat negaranya mencapai keadaan herd immunity pada November 2021

19 Januari 2021 09:45 WIB

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in VoA

SEOUL, JITUNEWS.COM - Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada Senin (18/1) mengatakan bahwa Korea Selatan kemungkinan akan mencapai kondisi herd-immunity pada bulan November 2021 mendatang. Program vaksinasi Covid-19 sendiri akan segera dimulai pada Februari dan diperkirakan selesai pada September mendatang.

"Dengan dimulai pada bulan Februari, kami berencana untuk menyelesaikan vaksinasi (Covid-19) pada bulan September. Saya meyakini kita dapat mencapai tingkatan herd immunity secara general setelahnya," kata Moon Jae In dalam sebuah konferensi pers yang disiarkan oleh stasiun televisi Korea Selatan, KTV, dikutip Sputniknews.

Moon menegaskan bahwa Korea Selatan akan menjadi salah satu negara pertama yang mencapai kondisi kekebalan kolektif terhadap infeksi virus yang muncul pertama kali pada 2019 tersebut.


Wapres Resmi Canangkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen

"Vaksinasi akan dimulai pada bulan depan," tegasnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Korea Selatan Chung Sye Kyun mengatakan bahwa pihaknya juga akan menggunakan obat anti-Covid-19 buatan Celltrion yang akan didistribusikan kepada pasien mulai bulan Februari mendatang.

Obat tersebut dikabarkan mampu mempercepat penyembuhan infeksi COvid-19 dan tidak memiliki efek sampaing. Obat tersebut juga diklaim mampu membunuh virus Sars-Cov-2 dalam waktu 4 sampai dengan 5 hari, dan mencegah pasien untuk mengalami gejala infeksi Covid-19 yang lebih parah.

Menlu Perancis Desak Iran Kembali Patuhi Perjanjian Nuklir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia