logo


Mau Bertanam Keladi Hias yang Lagi Trend, Begini Caranya

Caladium atau dikenal dengan sebutan keladi merupakan tanaman keluarga Araceae yang menawarkan corak warna daun yang amat mempesona.

17 Januari 2021 11:53 WIB

Keladi Hias
Keladi Hias Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Caladium atau dikenal dengan sebutan keladi merupakan tanaman keluarga Araceae yang menawarkan corak warna daun yang amat mempesona.

Pesona Caladium terletak di daunnya. Lembaran daun caladium memiliki banyak corak dengan warna yang kontras dan menyolok.

Tanaman keladi hias sangat mudah dibudidayakan. Tanaman keladi hias dapat diambil bibitnya dari umbi yang dihasilkan.


12 Ribu Kali Lebih Mematikan dari Bisa Ular, Tak Disangka, Tanaman Ini Paling Beracun di Dunia

Langkah melakukan pengambilan bibi adalah dengan mengambil umbi dari indukan, potong sebagian. Setelah itu dilakukan pemotongan umbi menjadi beberapa bagian.

Tempatkan pada tempat yang basah dan lembab sampai tumbuh tunas. Jika tunas sudah mencapai tinggi diatas 5 cm, pindahkan ke tempat yang sudah dipersiapkan.

Media tanam untuk tanaman keladi hias dari tanah dan pupuk kompos/kandang yang dicampur merata (1:1). Tanam bibit pada media tanam sampai semua bagian umbi tertutup sempurna.

Selanjutnya siram agar tanah berada pada kondisi lembab. Pemupukan tanaman caladium hanya di lakukan pada saat tanaman mengalami periode tumbuh. Pemupukan di laksanakan sebulan sekali.

Selama tanaman hidup pada periode tumbuh media harus selalu dalam keadaan lembab. Jika daun mulai layu pada 7 atau 8 bulan sesudah periode tumbuh, biarkan tanah menjadi kering selama 3 atau 4 bulan. Sedikit demi sedikit daun tanaman akan mengalami proses kematian yang secara bertahapdi awali dengan mengerutnya daun.

Akhirnya, seluruh daun dan tanaman yang berada di permukaan tanah lenyap. Walaupun daunnya habis, tanaman tersebut tidak akan mati selamanya. Umbinya mampu menyimpan air sehingga pada saat hujan, tanaman tersebut akan akan tampil kembali memperlihatkan keindahan daunya yang baru.

Keladi hias bisa tumbuh dalam kondisi tanah yang tidak terlalu basah. Namun peyiraman secara berkala secukupnya tetap harus dilakukan.

Tananman ini sebaiknya diletakan ditempat yang terkena sinar matahari penuh, agar warna merah pada urat daunnya menguat. Untuk penyiraman cukup disiram sekali dalam sehari. Penyiraman harus ke medianya dan jangan disiramkan ke daun.

Mudah bukan bertanam keladi hias, selamat mencoba sahabat Jitu.

Kembali Jadi Primadona, Yuk Kenali Manfaat Tersembunyi dari Aglaonema

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×