logo


Penjualan Smartphone Global 2020 Turun, Hanya Apple dan Xiaomi yang Naik

Digitimes Research melaporkan bahwa penurunan penjualan smartphone di tahun 2020 mencapai 8,8%

17 Januari 2021 11:30 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengiriman smartphone global di tahun 2020 mengalami penurunan sekitar sembilan persen dibanding tahun 2019, seiring dengan memburuknya kondisi perekonomian global akibat dihantam pandemi Covid-19. Hal tersebut berdasarkan analisa yang dilakukan oleh Digitimes Research.

Dilansir dari RT.com, penurunan tertinggi terjadi pada kuartal pertama tahun 2020, dimana saat itu jumlah pengiriman smartphone menurun hingga 20 persen dibanding kuartal pertama tahun 2019. Penurunan sebanyak dua digit juga terjadi pada kuartal kedua, dan mengalami sedikit peningkatan pada kuartal berikutnya sebelum akhirnya pasar akhirnya mulai rebound pada kuartal terakhir tahun 2020.

Menurut penghitungan secara keseluruhan, pengiriman smartphone global mencapai level 1,24 miliar unit, atau merosot 8,8% dibanding tahun 2019.


Yang Lain Bikin Kendaraan Otonom, Huawei Sudah Mulai Uji Coba Jalan Raya Pintar

Meski pasar smartphone secara keseluruhan lesu, namun tingkat permintaan akan ponsel yang sudah support jaringan 5G sangat besar seiring dengan pengembangan infrastruktur jaringan super cepat tersebut di seluruh dunia. Pengiriman smartphone 5G meningkat lebih dari sepuluh kali lipat mencapai 280 hingga 300 juta unit.

Meski demikian, hanya Apple dan Xiaomi yang berhasil menunjukkan performa positif ditengah lesunya pasar. Kedua perusahaan yang tengah bersaing ketat untuk menjadi produsen smartphone terbesar ketiga dunia tersebut berhasil mencatatkan peningkatan penjualan hingga lebih dari 10 persen di tahun 2020. Sementara itu prosentase penjualan Huawei dan Samsung mengalami penurunan sebanyak dua digit.

 

Donald Trump Lengser, Huawei Bisa Ikut Lelang Tender Jaringan 5G di Brazil

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia