logo


Donald Trump Lengser, Huawei Bisa Ikut Lelang Tender Jaringan 5G di Brazil

Pemerintah Brazil kemungkinan tidak akan memblokir Huawei dari proyek pengadaan jaringan 5G mereka.

17 Januari 2021 10:00 WIB

Huawei 5G
Huawei 5G istimewa

RIO DE JANEIRO, JITUNEWS.COM - Pemerintah Brazil tampaknya tidak akan memblokir Huawei dari proyek pengadaan jaringan super cepat 5G mereka dimana lelang tender proyek tersebut rencananya akan digelar pada pertengahan tahun 2021 ini. Hal tersebut dilaporkan oleh surat kabar Brazil, Estado de S Paulo, pada Sabtu (16/1).

Adanya anggaran yang kemungkinan mencapai miliaran dolar jika mereka nekat mendepak keluar Huawei dari jaringan 5G ditambah dengan keluarnya Trump dari Gedung Putih, membuat Jair Bolsonaro mengkaji ulang tindakannya dalam menentang raksasa teknologi dalam proyek pembangunan infrastruktur jarngan 5G Brazil.

Seperti halnya Donald Trump, Bolsonaro awalnya juga melayangkan tuduhan tak berdasar terhadap Huawei. Bolsonaro menuding Huawei kemungkinan akan membagikan informasi data pribadi pengguna kepada pemerintah China.


WHO Sebut Pasien Zero Covid-19 Kemungkinan Akan Tetap Jadi Misteri

Namun, mengingat China adalah partner perdagangan terbesar Brazil ditambah dengan harga Huawei yang sangat kompetitif membuat sikap Jair Bolsonaro tersebut mendapat perlawanan dari para pelaku industri dan bahkan pemerintah Brazil sendiri, termasuk dari wakil presiden Brazil Hamilton Mourao.

Menurut surat kabar Estado de S Paulo, Mourao mengatakan bahwa semua perusahaan yang memberikan jaminan terhadap kedaulatan nasional dan perlindungan data pengguna Brazil akan diijinkan untuk ikut serta dalam lelang tender proyek jaringan 5G di negara Amerika Latin tersebut.

Pada bulan Desember lalu, sejumlah narasumber Reuters mengatakan bahwa pemerintahan Bolsonaro tengah mencari cara untuk mendepak keluar Huawei dari jaringan 5G di Brazil.

China Sepakat Bantu Filipina dalam Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia