logo


Insiden Kerusuhan Gedung Capitol AS Libatkan Orang Dalam, DPR AS: Akan Diselidiki

Anggota Kongres yang ketahuan memberikan bantuan bagi para perusuh untuk mengacak-acak Gedung Capitol akan dituntut

17 Januari 2021 07:45 WIB

Nancy Pelosi
Nancy Pelosi istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Juru bicara DPR AS Nancy Pelosi pada Jumat (15/1) menegaskan bahwa anggota Kongres yang terbukti ikut membantu massa simpatisan Trump dalam insiden kerusuhan di Gedung Capitol pada Rabu (6/1) akan dituntut secara hukum.

"Jika ada anggota Kongres yang terbukti...membantu dan mendukung tindak kejahatan ini, akan ada tindakan yang diambil terhadap pihak Kongres dalam hal penuntutan," kata Pelosi dalam sebuah konferensi pers dikutip Sputniknews.

Saat ditanya mengenai kecurigaan sejumlah anggota DPR dari Fraksi Demokrat bahwa para perusuh Gedung Capitol kemungkinan mendapat bantuan dari sejumlah anggota Kongres, Pelosi mengatakan bahwa hal tersebut "akan diselidiki".


Perempuan Dibilang Tak Mampu jadi Presiden, Oposisi Filipina: Di Goa Mana Tuan Rodrigo Duterte Tinggal?

"Kita harus saling percaya, menghormati orang-orang yang mengirim kami ke sini. Kami juga harus percaya, dan hal tersebut akan diselidiki," tambahnya.

Sementara itu, Val Demings, salah satu anggota DPR AS dari Fraksi Demokrat, mencurigai jika pelaku kerusuhan di Gedung Capitol mendapatkan bantuan dari "orang dalam".

"Saya sangat yakin, saat kita lihat bagaimana mudahnya perusuh melakukannya, mereka (seolah) sudah mengetahui dimana mereka melakukannya," kata Val Demings kepada CNN pada Rabu (13/1).

"Saya sangat yakin ada bantuan dari sejumlah orang dalam," tambahnya.

Konflik Tigray, Uni Eropa Bekukan Dana Bantuan untuk Ethiopia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia