logo


Uni Eropa Minta Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Mutlak bagi Travellers

Presiden Uni Eropa mengatakan bahwa pihaknya berencana membuat sebuah sertifikasi bagi semua warga yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19, dimana hal tersebut akan menjadi syarat untuk melakukan perjalanan

16 Januari 2021 11:13 WIB

Presiden Uni Eropa Ursula Von der Leyen
Presiden Uni Eropa Ursula Von der Leyen istimewa

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen menegaskan bahwa warga Eropa harus membawa sertifikat yang menunjukkan bahwa mereka sudah mendapatkan vaksin Covid-19 saat melakukan perjalanan, khususnya perjalanan internasional.

"Ini adalah sebuah persyaratan medis untuk memiliki sebuah sertifikat yang membuktikan bahwa anda sudah divaksinasi," kata von der Leyen kepada sejumlah wartawan, dikutip RT.com.

"Kita semua harus memiliki persyaratan medis ini," tegasnya.


Jerman Bersedia Bahas Isu Nord Stream 2 dengan AS setelah Donald Trump Lengser

Ia menambahkan bahwa gagasan mengenai adanya sertifikat vaksin adalah keputusan resmi dan bersifat politis sehingga harus dibahas pada level Eropa.

Pernyataan tersebut tentu saja membuat warga Eropa syok mengingat mereka belum pernah mendengar aturan semacam itu sebelumnya.

Pihak Uni Eropa juga menegaskan bahwa mereka sudah mendapatkan jumlah vaksin yang cukup baik dari Pfizer-BioNTech dan Moderna untuk memenuhi kebutuhan semua negara Eropa dan melarang negara anggoat untuk melakukan pembelian langsung vaksin dengan pihak penyedia.

Namun, Hungaria yang selama ini menentang aturan tersebut sudah mencapai kesepakatan untuk membeli vaksin buatan China, Sinopharm. PM Hungaria Viktor Orban mengatakan bahwa pemerintah lokal harus bertindak dengan penuh tanggung jawab dan cepat untuk menerima vaksin buata China.

Selain itu, Hungaria juga tengah bernegosiasi dengan Rusia untuk mendapatkan vaksin Sputnik V mengingat pendistribusian vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna dari Uni Eropa bisa memakan waktu yang relatif lama.

Yang Lain Bikin Kendaraan Otonom, Huawei Sudah Mulai Uji Coba Jalan Raya Pintar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia