logo


Curiga Amazon Lakukan Monopoli, Sejumlah Negara Bagian AS Gelar Investigasi

Sejumlah negara bagian AS saat ini tengah menggelar proses investigasi untuk mengungkap adanya praktek monopoli yang dilakukan oleh perusahaan e-commerce Amazon

14 Januari 2021 17:00 WIB

e-commerce asal Amerika Serikat, Amazon
e-commerce asal Amerika Serikat, Amazon istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pemerintah Negara Bagian Connecticut, Amerika Serikat saat ini tengah melakukan investigasi terkait adanya upaya monopoli yang dilakukan oleh raksasa e-commerce Amazon dalam penjualan buku digital mereka. Hal tersebut disampaikan oleh jaksa agung negara bagian tersebut pada Rabu (13/1).

Proses investigasi itu sendiri adalah salah satu dari sejumlah praktek bisnis perusahaan milik Jeff Bezos tersebut. Disamping itu, proses investigasi terhadap Amazon juga dilakukan oleh sejumlah negara bagian AS lain seperti New York, California dan Washington, serta Komisi Perdagangan Federal AS.

"Connecticut memiliki sebuah investigasi antitrust yang aktif dan sedang berlangsung dalam internal Amazon terkait potensi anti-kompetitif dalam perjanjian pendistribusian e-book mereka dengan sejumlah penerbit," kata Jaksa Agung William Tong dalam sebuah pernyataan tertulis yang ia kirimkan kepada Reuters.


Terpengaruh Kepentingan Politik, Pakar Kesehatan Minta WHO Reformasi

Penyelidikan tersebut dilakukan setelah perusahaan e-commerce terbesar di AS tersebut dicurigai melakukan praktek monopoli yang dapat merusak persaingan pasar, oleh sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat.

Tong juga mengatakan bahwa pihaknya juga sudah melakukan investigasi serupa terhadap Apple dan sejumlah penerbit e-book, dan akan terus melakukan pengawasan yang ketat agar praktek monopoli tersebut tidak terjadi.

 

Terkait Kerja Paksa Muslim Uyghur, AS Blokir Impor Kapas dan Tomat dari Xinjiang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia