logo


Tak Setuju Penolak Vaksin Covid-19 Didenda, dr Tirta: Rakyat Semakin Antipati, Kok Dipaksa-paksa

Tirta Mandira Hudhi mengatakan bahwa pemberian denda hanya akan membuat masyarakat semakin antipati

14 Januari 2021 15:55 WIB

Dokter Tirta
Dokter Tirta Instagram

SLEMAN, JITUNEWS.COM - Influencer dr Tirta mengaku tak sependapat jika masyarakat yang menolak vaksin covid-19 di denda. Pasalnya, vaksinasi adalah salah satu hak warga negara yang telah diatur dalam pasal 28 UUD 1945.

"Denda saya enggak setuju karena vaksin itu hak segala rakyat di pasal 28 (UUD 1945) bahwa kesehatan hak warga negara jadi alangkah lebih baik (tidak ada denda)," kata dr Tirta saat launching vaksin di Puskesmas Ngemplak 2, Sleman, Kamis (14/1/2021).

Pria yang memiliki nama langkap Tirta Mandira Hudhi tersebut mengatakan bahwa pemberian denda hanya akan membuat masyarakat semakin antipati. Menurutnya, pemberian denda membuat masyarakat merasa terpaksa menjalani vaksinasi.


Muncul Varian Baru, WHO Prediksi Pandemi Covid-19 di Tahun Ini Lebih Sulit dari Tahun Lalu

"Tapi kalau ada denda malah rakyat semakin antipati karena jadi kesannya kayak ini apa sih kok dipaksa-paksa itu kalau kesan saya," ujarnya.

Ia memahami betul ketakutan yang dialamai oleh sebagian masyarakat terhadap vaksin Covid-19. Hal tersebut dinilainya wajar karena masyarakat belum tahu tentang vaksinasi. Oleh karena itu, ia menyarankan agar edukasi tentang vaksin Covid-19 lebih ditingakatkan.

Sayangkan Tindakan Raffi Ahmad, PDIP: Setelah Divaksin Bukan Berarti Bebas dari Covid-19

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati