logo


Inggris Harus Waspadai Peran China dalam Sektor Infrastruktur

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa Inggris harus waspada terhadap peran China dalam sektor infrastruktur mereka

14 Januari 2021 14:00 WIB

forbes.com

LONDON, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Rabu (13/1) mengatakan bahwa Inggris harus mewaspadai peran China dalam proyek pembangunan infrastruktur di negara tersebut.

"Saya ingin menekankan saat saya membahas mengenai adanya tantangan dari China, sangat penting bagi kita...untuk mewaspadainya...Saya pikir kita perlu waspada terhadap apa yang sedang terjadi dengan infrastruktur nasional dan perlindungan data serta ruang siber kita," kata Boris Johnson kepada parlemen Inggris, dikutip Reuters.

Meski demikian, ia menambahkan bahwa pemerintah Inggris seharusnya tidak perlu takut secara berlebihan atau phobia dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan China.


Kepala Program Bantuan PBB Desak AS Tak Blacklist Kelompok Houthis Yaman

"Tapi saya tidak ingin negara atau pemerintahan ini untuk masuk ke dalam sebuah posisi semacam Sinophobia," tambahnya.

Sebelumnya, pemerintah Inggris menuding Huawei dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dan militer China untuk kepentingan spionase, sehingga perusahaan teknologi tersebut dilarang ikut dalam proyek pembangunan jaringan 5G di Inggris. Kekhawatiran Inggris tersebut sama persis dengan pemerintah Amerika Serikat.

Tudingan tersebut juga sudah dibantah oleh pemerintah China maupun pihak Huawei dengan menyebutnya sebagai klaim yang tidak berdasar.

Muncul Varian Baru, WHO Prediksi Pandemi Covid-19 di Tahun Ini Lebih Sulit dari Tahun Lalu

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×