logo


Muncul Varian Baru, WHO Prediksi Pandemi Covid-19 di Tahun Ini Lebih Sulit dari Tahun Lalu

Dr Mike Ryan, Kepala Situasi Darurat WHO mengatakan bahwa situasi pandemi di tahun 2021 ini lebih sulit daripada tahun sebelumnya usai virus Covid-19 tersebut mengalami mutasi menjadi varian baru yang lebih menular.

14 Januari 2021 13:45 WIB

WHO
WHO istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia pada Rabu (13/1) memperkirakan jika situasi pandemi di tahun 2021 ini, atau tahun kedua sejak pertama kali virus tersebut menyebar ke seluruh penjuru dunia, akan lebih sulit, khususnya untuk wilayah belahan bumi utara menyusul adanya mutasi yang membuat varian baru Covid-19 lebih menular.

"Kita akan memasuki tahun kedua pandemi, (dimana) ini akan menjadi lebih sulit mengingat dinamika penularan dan sejumlah isu yang kita lihat," kata Mike Ryan, kepala program situasi darurat WHO, dikutip Reuters, Kamis (14/1).

Sebagaimana diketahui, jumlah kasus infeksi virus yang pertama kali dilaporkan muncul di Wuhan pada 2019 tersebut saat ini sudah diatas 91,5 juta kasus di seluruh dunia dengan angka kematian hampir menyentuh 2 juta kasus.


Tak Takut Jadi Target Serangan Pemerintah Rusia, Navalny Segera Pulang ke Moskow

WHO juga mengatakan bahwa lima juta kasus infeksi baru sudah dilaporkan pada pekan lalu. Hal tersebut kemungkinan besar adalah akibat dari adanya kelonggaran kebijakan pembatasan selama musim liburan akhir tahun.

"Di belahan bumi utara, khususnya di Eropa dan Amerika Utara, kita sudah melihat adanya semacam badai sempurna - cuaca yang dingin, orang-orang berada di dalam rumah...dan sebuah kombinasi beberapa faktor lain yang mengakibatkan peningkatan penyebaran virus di banyak negara," tambahnya.

 

Kepala Program Bantuan PBB Desak AS Tak Blacklist Kelompok Houthis Yaman

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia