logo


Efektifitas Vaksin Sinovac Hanya 50,4 Persen dalam Uji Coba di Brazil

Para peneliti di Brazil mengungkapkan bahwa tingkat efektifitas vaksin Covid-19 buatan Sinovac hanya mencapai 50,4 persen

13 Januari 2021 19:19 WIB

Vaksin Covid-19 Sinovac
Vaksin Covid-19 Sinovac istimewa

BRASILIA, JITUNEWS.COM - Vaksin Covid-19 buatan perusahaan biofarmasi China, Sinovac, terbukti hanya memiliki tingkat efektifitas 50,4 persen dalam uji coba yang dilakukan di Brazil. Hal tersebut disampaikan oleh para peneliti dalam laporan yang mereka rilis pada Selasa (13/1).

Laporan tersebut tentu saja mengecewakan bagi Brazil, mengingat vaksin Sinovac adalah salah satu dari dua vaksin yang digunakan dalam imunisasi Covid-19 di negara Amerika Selatan tersebut.

"Kami punya sebuah vaksin yang bagus. Bukan yang terbaik di dunia. Bukan vaksin yang ideal," kata pakar mikrobiologi Brazil, Natalia Pasternak, dikutip Al Jazeera, Rabu (13/1).


Pompeo Tuding Iran Lindungi Al Qaeda, Rusia: Tidak Beralasan

Sebelumnya, pada pekan lalu para peneliti di Institute Butantan Brazil merayakan hasil uji coba vaksin buatan China tersebut setelah berhasil mencapai tingkat efektifitas 78 persen, dan mampu melawan gejala "sedang hingga akut" infeksi Covid-19.

Namun pada Selasa (12/1) mereka mengaku bahwa penghitungan mereka terkait tingkat efektifitas tersebut tidak memasukkan data dari kelompok relawan yang terinfeksi Covid-19 tanpa gejala atau memiliki gejala yang ringan.

China Minta Inggris dan Kanada Segera Cabut Pembatasan Ekspor terhadap Komoditas Asal Xinjiang

Halaman: 
Penulis : Admin