logo


Transisi Pemerintahan Joe Biden, AS Batalkan Kunjungan Dubesnya ke Taiwan

Kemenlu AS memutuskan untuk membatalkan kunjungan Duta Besar AS untuk PBB Kelly Craft ke Taiwan

13 Januari 2021 15:00 WIB

Dubes AS untuk PBB Kelly Craft
Dubes AS untuk PBB Kelly Craft istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pemerintah AS memutuskan untuk membatalkan seluruh agenda kunjungan luar negeri pejabat tinggi mereka menjelang upacara pelantikan presiden terpilih Joe Biden pada 20 Januari mendatang, termasuk kunjungan Dubes AS untuk PBB Kelly Craft ke Taiwan yang sedianya dilakukan pada Rabu (13/1).

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, pada Selasa (12/1) mengatakan bahwa semua perjalanan luar negeri yang rencananya dilakukan pada pekan ini telah dibatalkan, termasuk kunjungan dirinya ke wilayah Eropa. Pembatalan tersebut merupakan bagian dari adanya transisi pemerintahan Joe Biden.

Rencana kunjungan Kelly Carft ke Taiwan tersebut sebelumnya telah memicu kecaman dari pihak China. Seorang diplomat China untuk PBB mendesak Amerika Serikat untuk menghentikan tindakan yang dapat menjadi penghalang dalam hubungan bilateral China-AS.

"Ini adalah waktu yang tepat bagi tindakan gila dan tidak rasional sejumlah orang untuk berhenti," kata seorang perwakilan China di PBB dikutip Channel News Asia.


Bagikan Data Pengguna kepada Facebook, WhatsApp: Kami Tetap Tidak Bisa Melihat Isi Pesan Pribadi Anda

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Taiwan pada Rabu (13/1) mengatakan bahwa mereka "memahami dan menghormati" keputusan yang diambil oleh Kementerian Luar Negeri AS yang membatalkan kunjungan Kelly Craft tersebut.

"Kementerian Luar Negeri (Taiwan) sangat menyayangkan bahwa Duta Besar AS untuk PBB Kelly Craft tidak dapat memimpin delegasi (AS) untuk berkunjung ke Taiwan dari tanggal 13 hingga 15 Januari, namun (kami) tetap akan menyambut baik kunjungan Dubes Craft pada waktu yang tepat di masa mendatang," kata Kemenlu Taiwan dalam pernyataan tertulisnya.

Kelompok HAM Desak YouTube Blokir Channel Milik Donald Trump

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia