logo


Sejumlah Kepala Daerah AS Minta Warga Tak Datangi Pelantikan Joe Biden, Kenapa?

Wali Kota Washington, Gubernur Virginia dan Gubernur Maryland mendesak warga AS tak pergi ke Washington untuk mengikuti upacara pelantikan Joe Biden pada 20 Januari mendatang karena alasan keamanan.

13 Januari 2021 12:30 WIB

Joe Biden
Joe Biden istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Wali Kota Washington Muriel Bowser bersama dengan Gubernur negara bagian Virginia Ralph Northam dan Gubernur Maryland Larry Hogan meminta warga masyarakat Amerika Serikat untuk tidak ikut mendatangi upacara pelantikan presiden terpilih Joe Biden yang digelar pada 20 Januari mendatang di Washington, karena alasan keamanan.

"Karena adanya situasi unik menjelang upacara pelantikan kepresidenan ke-59, termasuk karena tindakan kekerasan pada pekan lalu (di Gedung Capitol) dan situasi pandemi Covid-19, kami mengambil langkah dengan mendesak warga Amerika untuk tidak datang ke Washinton, DC dan mengikuti acara tersebut secara virtual," kata ketiga pemimpin daerah tersebut dalam sebuah pernyataan yang dirilis dalam situs resmi Gubernur Virginia pada Senin (11/1), dilansir dari CNA.

Mereka menekankan bahwa Amerika Serikat saat ini tengah berada di dalam periode yang sulit. Meski demikian, ketiganya tetap berharap masyarakat untuk optimis bahwa mereka akan berhasil melalui semua kesulitan yang ada.


Tidak untuk Menyalahkan China, WHO Ungkap Tujuan Investigasi Covid-19 Murni Ilmiah

"6 Januari adalah saat-saat terkelam bagi negara kita. Tapi kami tahu bahwa kita semua akan melalui periode ini karena ideologi masyarakat AS jauh lebih kuat daripada ideologi ekstrim. Bersama-sama, kita akan mengatasi ekstrimisme ini," tambahnya.

Seperti diketahui, pada 6 Januari lalu, ratusan massa pendukung Trump yang tidak terima pihak Kongres mengesahkan kemenangan Joe Biden melakukan aksi protes di Gedung Capitol dan terlibat bentrokan dengan pihak kepolisian. Mereka juga melakukan tindak pengrusakan bahkan berhasil menerobos masuk dan mengacak-acak salah satu pusat pemerintahan AS tersebut.

Pada awal pekan ini, Presiden Donald Trump juga telah mengeluarkan status darurat keamanan di wilayah ibu kota Amerika Serikat menjelang pelantikan Joe Biden yang akan dilakukan pada 20 Januari mendatang. Dengan dikeluarkannya status tersebut, pengamanan di Washington akan diperketat, usai pihak FBI memperingatkan bahwa akan ada kelompok bersenjata yang melakukan aksi protes di sejumlah negara bagian AS.

Meski Vaksinasi Covid-19 Sudah Dimulai, Herd Immunity Tidak Tercapai di Tahun 2021 Ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia