logo


Pemerintahan Joe Biden Diminta Tindak Tegas Upaya Monopoli yang Dilakukan oleh Google, Facebook, dan Amazon

The American Economic Liberties Project mendesak pemerintahan AS yang baru untuk meningkatkan tindakan tegas mereka dalam penyelidikan tindakan monopoli yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan digital AS

12 Januari 2021 16:45 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi the Financial Express

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pemerintahan Joe Biden harus meningkatkan tuntutan mereka mengenai isu monopoli yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan teknologi AS, seperti Facebook dan Alphabet, perusahaan induk Google, dengan memecah sejumlah perusahaan tersebut. Hal tersebut disampaikan oleh sebuah kelompok anti-monopoli, The American Economic Liberties Project.

Dilansir dari Reuters pada Selasa (12/1), Kelompok tersebut dipimpin oleh Sarah Miller yang merupakan seseorang yang bekerja bersama tim transisi pemerintahan Joe Biden.

Sebelumnya, The Wall Street Journal melaporkan bahwa Facebook dan Google sudah bersekongkol dalam hal memonopoli iklan digital yang tentunya melanggar kebijakan anti-trust Amerika Serikat, sejak tahun 2018 lalu.


Jelang Pelantikan Joe Biden, Protokol Keamanan di Washington Ditingkatkan

Dalam laporan yang mereka kirimkan kepada pemerintahan Joe Bidem, kelompok tersebut mendesak Kementerian Hukum AS untuk terus meningkatkan tuntutan mereka terhadap dominasi Google dalam ranah digital. Mereka juga mendorong badan antitrust untuk menyelidiki proses merger yang melibatkan perusahaan yang kuat.

Selain itu, American Economic Liberties Project juga mendesak Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) untuk melakukan penyelidikan serupa terhadap raksasa e-commerce Amazon, yang juga dinilai melakukan upaya monopoli.

 

Rugi $ 5 Miliar, Saham Twitter Anjlok Usai Blokir Permanen Akun Donald Trump

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia