logo


Soal Nama-nama Calon Kapolri yang Beredar, Mahfud: Masih Tebak-tebak Buah Nangka

Mahfud kemudian menjelaskan cara yang dilakukan Jokowi dalam memilih pejabat

12 Januari 2021 13:09 WIB

Mahfud MD
Mahfud MD voi.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Polhukam Mahfud Md menanggapi ramainya nama-nama yang akan menjadi Kapolri. Menurutnya, nama-nama yang berhembus di media saat ini masih sekedar spekulasi.

"Nama calon Kapolri yang beredar di media sekarang masih tebak-tebak buah nangka alias spekulasi," kata Mahfud melalui akun Twitternya, Selasa (12/1).

Mahfud mengatakan bahwa hingga saat ini Presiden Joko Widodo belum mengirimkan nama calon Kapolri ke DPR. Mahfud mengatakan bahwa Jokowi saat ini masih menimbang-nimbang siapa yang pantas menjadi Kapolri.


PAN: 5 Nama Calon Kapolri Telah Memenuhi Syarat

"Sampai saat ini Presiden belum mengirim nama calon Kapolri ke DPR. Belum ada yang tahu siapa calon Kapolri kita sebab Presiden masih terus mempertimbangkan secara seksama siapa yang paling tepat untuk jabatan tersebut," ujarnya.

Mahfud kemudian menjelaskan cara yang dilakukan Jokowi dalam memilih pejabat.

"Cara khas yang sering dilakukan Presiden dalam memilih pejabat: Meminta dibuatkan 5 draf surat pengusulan yang berisi nama-nama yang berbeda," katanya.

"Pada saat yang tepat beliau tandatangani salah satu sdng draf surat yang tidak ditandatangani dimusnahkan. Jadi tak ada yang tahu kecuali setelah diumumkan secara resmi," jelasnya.

 

MUI: Pemilihan Calon Kapolri Tidak Cukup Didasari Kedekatan dan Loyalitas

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata