logo


Uni Eropa Kecam Tindakan Iran Tingkatkan Kadar Uranium pada Fasilitas Pengembangan Nuklirnya

Perwakilan Uni Eropa mengatakan bahwa pihaknya mendukung upaya kembalinya AS ke dalam perjanjian JCPOA dan meminta Iran untuk mematuhi kesepakatan tersebut secara penuh.

12 Januari 2021 14:15 WIB

Bendera Uni Eropa
Bendera Uni Eropa istimewa

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Uni Eropa mendukung adanya upaya Amerika Serikat untuk kembali masuk ke dalam perjanjian nuklir Iran 2015 (JCPOA), dan mendesak Iran untuk kembali mematuhi aturan dan poin-poin yang telah disepakati.

"Kami menyampaikan dukungan kami terhadap upaya kembalinya Amerika Serikat ke dalam JCPOA, dengan Perwakilan Tinggi Uni Eropa sebagai koordinatornya, guna memastikan implementasi (JCPOA) secara penuh. Pada konteks ini, kami juga menyatakan dukungan terhadap adanya diplomasi secara intensif yang bertujuan memfasilitasi kembalinya AS ke dalam JCPOA dan implementasi sepenuhnya kewajiban Iran," kata Perwakilan Uni Eropa Josep Borrell dalam sebuah pernyataan tertulis, dikutip Sputniknews.

"Inisiasi peningkatan kadar uranium hingga 20 persen yang dilakukan oleh Iran pada fasilitas nuklir Fordow, yang telah dikonfirmasi oleh IAEA pada 4 Januari lalu, adalah perkembangan yang sangat serius dan sangat mengkhawatirkan...Tindakan Iran tersebut juga beresiko merusak sejumlah upaya untuk membangun proses diplomasi. Kami mendesak Iran untuk mencegah peningkatan tensi dan membatalkan tindakan tersebut tanpa adanya penundaan," tambahnya.


FBI Sebut Kelompok Bersenjata Akan Serang Gedung Pemerintahan AS Jika Trump Dicopot Sebelum 20 Januari 2021

Borell menegaskan bahwa pihak Uni Eropa sejauh ini sangat berkomitmen terhadap perjanjian nuklir tersebut.

"Uni Eropa menegaskan kembali komitmen kuatnya dan melanjutkan dukungan terhadap JCPOA," lanjutnya.

Ia menjelaskan bahwa JCPOA adalah elemen terpenting pada pengembangan arsitektur nuklir global dan sebuah pencapaian diplomasi multilateral, yang telah mendapat dukungan penuh dari Dewan keamanan PBB melalui resolusi 2231.

Dapat Undangan dari AS, Rusia Kirim Duta Besarnya Buat Hadiri Pelantikan Joe Biden

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia