logo


Pemerintah Jamin Tidak Akan Ada Vaksin Covid-19 Palsu

Menurutnya, pemalsuan dan penyelundupan vaksin tidak akan terjadi karena pemerintah mengontrol vaksin Covid-19 dari hulu hingga ke hilir.

9 Januari 2021 16:00 WIB

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto\n\n
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dok. Kemenperin

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjamin tidak akan ada vaksin Covid-19 palsu yang beredar di pasar. Airlangga memastikan proses pengadaan dan pemberian vaksin dilaksanakan oleh pemerintah.

"Masyarakat tidak perlu khawatir. Ada semacam undertaking oleh pemerintah untuk seluruh vaksin. Itu juga mengantisipasi vaksin palsu," ujar Airlangga dalam keterangannya, Sabtu (9/1).

Airlangga mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara gratis untuk mencegah pihak yang ingin mengambil keuntungan.


Siap Divaksin Bareng Presiden Jokowi, dr Tirta Akan Siarkan Secara Live

"Pemerintah menyediakan anggaran Rp73 triliun. Pendistribusian dan vaksinasinya pun dalam kendali pemerintah. Vaksin diberikan secara gratis. Seluruh masyarakat yang membutuhkan bakal mendapatkannya. Jadi, tidak ada insentif ekonomi (keuntungan) jika memalsukan atau menyelundupkan vaksin Covid," jelasnya.

Ia meminta masyarakat untuk waspada terkait isu vaksin palsu. Menurutnya, pemalsuan dan penyelundupan vaksin tidak akan terjadi karena pemerintah mengontrol vaksin Covid-19 dari hulu hingga ke hilir.

"Impor dikendalikan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tidak ada pihak lain yang mendapat persetujuan untuk mengimpor vaksin. Vaksinasi juga akan dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah," katanya.

 

MUI Cap Halal Vaksin Sinovac, PPP: Saatnya Kita Tutup Perdebatan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata