logo


Varian Baru Covid-19 Kemungkinan Sudah Berevolusi di AS, Lebih Menular Daripada Varian Inggris

Tim Satgas penanganan Covid-19 AS curiga jika varian baru Covid-19 telah berevolusi di Amerika Serikat, dan menjadi lebih cepat menular daripada varian baru yang muncul di Inggris pada pertengahan Desember 2020 lalu.

9 Januari 2021 11:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Satuan tugas Covid-19 pemerintah AS percaya jika varian baru yang sangat menular dari virus Covid-19 mungkin telah berevolusi di Amerika Serikat. Hal tersebut dilaporkan oleh NBC News pada Jumat (8/1), mengutip sebuah dokumen yang dikirim kepada sejumlah pemerintahan negara bagian AS.

Laporan itu mengatakan bahwa strain baru sudah muncul di masyarakat AS bersama varian yang pertama kali terdeteksi di Inggris dan bisa 50 persen lebih mudah menular.

Satgas mencatat bahwa lonjakan kasus Covid-19 belakangan ini hampir dua kali lipat dibanding dengan lonjakan kasus yang terjadi selama musim semi dan musim panas tahun 2020 lalu.


Joe Biden Sebut Trump Sudah Bikin Malu AS di Mata Dunia

"Akselerasi ini menunjukkan bahwa kemungkinan ada varian (baru Covid-19) AS yang telah berevolusi di sini, selain varian Inggris yang sudah menyebar di komunitas kami dan mungkin 50% lebih mudah menular," kata laporan tersebut dilansir dari Sputniknews.

“Mitigasi agresif harus digunakan untuk melawan virus yang lebih agresif; tanpa penerapan penutup wajah yang efektif (dua atau tiga lapis) dan sosial distancing yang ketat, wabah akan lebih cepat memburuk karena varian ini mudah menyebar dan menjadi dominan," tambahnya.

Menurut data yang dihimpun oleh Universitas Johns Hopkins, setidaknya kasus infeksi Covid-19 di Amerika Serikat bertambah 228 ribu kasus dengan jumlah kematian mencapai 2.700 setiap harinya.

Sejak awal tahap pandemi pada Maret 2020 lalu, AS sudah melaporkan lebih dari 21 juta kasus positif Covid-19, dengan total kematian lebih dari 367 ribu.

Trump Dikhawatirkan Akan Nyatakan Perang dengan Iran sebelum Joe Biden Dilantik

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia