logo


Trump Dikhawatirkan Akan Nyatakan Perang dengan Iran sebelum Joe Biden Dilantik

Mantan pejabat CIA mengatakan bahwa mental Trump saat ini tidak seimbang dan bisa memicu perang nuklir dengan Iran sebelum 20 Januari 2021

9 Januari 2021 10:30 WIB

Presiden Amerika Serikat Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump national Review

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Mantan pejabat CIA Philip Giraldi pada Jumat (8/1) mengatakan bahwa Donald Trump dapat diturunkan dari kursi kepresidenan AS sebelum 20 Januari mendatang untuk mencegahnya menyatakan perang dengan Iran.

"Kekhawatiran saya adalah dia cukup labil untuk memulai perang dengan Iran," kata Giraldi kepada Sputniknews.

"Saya pikir dia secara mental tidak seimbang dan bisa disingkirkan atas dasar itu melalui amandemen ke-25," lanjutnya.


Trump Tegas Bilang Tak Akan Hadiri Upacara Pelantikan Joe Biden

Sebelumnya, Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengumumkan bahwa dia telah berdiskusi dengan sejumlah petinggi militer AS untuk memastikan Trump tidak dapat mengakses kode peluncuran untuk memulai perang nuklir dengan Iran. Langkah tersebut terpaksa dilakukan oleh Pelosi setelah terjadinya kerusuhan massa pro-Trump di Gedung Capitol awal pekan ini. Aksi kerusuhan tersebut dilakukan untuk mencegah Kongres mengesahkan hasil pemilihan presiden.

Namun, terlepas dari pernyataan para pemimpin Dewan Demokrat bahwa mereka akan meluncurkan proses pemakzulan Donald Trump, Giraldi tidak yakin jika anggota Partai Republikan di Senat bersedia menyetujui pemakzulan Trump tersebut.

"Untuk mendakwa Trump, mereka harus menunjukkan bahwa pernyataan yang ia lontarkan cukup untuk menyerukan pemberontakan. Saya ragu apakah mereka dapat membuat kasus itu dengan jelas dimana hanya sedikit dari anggota Partai Republik yang akan mendukungnya (Demokrat)," tambahnya.

Joe Biden Sebut Trump Sudah Bikin Malu AS di Mata Dunia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia