logo


Megawati Singgung Kali Ciliwung Penuh Sampah, Gerindra: Tanggung Jawab PUPR

Sungai Ciliwung itu urusan Kementerian PUPR, bukan Pemprov DKI.

9 Januari 2021 08:52 WIB

Presedential Lecture Internalisasi Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019).
Presedential Lecture Internalisasi Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019). jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra, M Taufik mengatakan kebersihan Sungai Ciliwung, Jakarta merupakan urusan Kementerian PUPR, bukan Pemprov DKI.

Hal itu disampaikan setelah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyinggung kawasan Sungai Ciliwung yang banyak sampah.

"Ciliwung itu kalinya PUPR," kata Taufik, seperti dikutip dari detik.com, Sabtu (9/1). "Bersihin kali Ciliwung tanggung jawab PUPR kali yah," tegasnya.


Bohongi Publik, Dewi Tanjung Berniat Laporkan Fadli Zon ke Polisi

PUPR sendiri tengah melakukan proyek sodetan sepanjang 1,2 kilometer untuk mengalirkan debit air Sungai Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT).

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyinggung kawasan Sungai Ciliwung, Jakarta yang dipenuhi sampah.

"Saya ambil tema 'Cinta Ciliwung' bersih. Coba bayangkan mata kita apa nggak burem ya. Coba kemana, kemana rasa kita melihat namanya itu sampah, bertimbun-timbun sampai nggak bisa bergerak lagi. Kok tidak apa ya, tidak apa, saya harus katakan apa ya," kata Megawati dalam acara webinar bersama penerima penghargaan Kapaltaru, Kamis (7/1).

Megawati mengaku pernah mengingatkan sejumlah Gubernur DKI Jakarta, mulai era Joko Widodo hingga Djarot Saiful Hidayat. Ia berharap DKI Jakarta, termasuk kawasan Ciliwung bersih dari sampah.

"Coba bayangkan, itu sebetulnya kerjaan siapa ya. Masa kita nggak bisa sih? Saya sudah sampai pernah bicara pada Pak Jokowi, ketika beliau jadi Gubernur, kepada bapak Ahok, kepada Bapak Djarot, saya sampaikan untuk Jakarta yang jadi Ibu Kota Republik kita ini," ujarnya.

Risma Fokus Tupoksi Mensos Saja, Haji Lulung: Jangan Usik Kerja Gubernur Anies Baswedan

Halaman: 
Penulis : Iskandar