logo


Raksasa Teknologi China Ini Segera Produksi Mobil Listrik

Baidu dan Geely berencana untuk membentuk sebuah joint venture yang akan berfokus pada produksi mobil listrik

8 Januari 2021 20:30 WIB

Perusahaan teknologi asal China, Baidu
Perusahaan teknologi asal China, Baidu istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Salah satu raksasa teknologi China, Baidu, berencana membuat kendaraan listrik dengan bekerja sama dari Geely, produsen mobil terbesar di negara tersebut. Hal tersebut dilaporkan oleh Reuters.

Sebelumnya, dua perusahaan teknologi besar China lainnya, Alibaba dan Didi Chuxing, sudah lebih dulu berencana terjun ke industri kendaraan listrik.

Membuat kendaraan listrik tentunya juga merupakan perluasan dari ambisi Baidu dalam bisnis transportasi, setelah mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun mengembangkan teknologi self-driving. Untuk diketahui, Baidu sendiri merupakan perusahaan China terkemuka di bidang kendaraan otonom.


Meski Washington Kacau, Saham Berjangka AS Tetap Naik

Dilansir dari The Verge pada Jumat (8/1), Baidu kemungkinan akan membentuk sebuah joint venture dengan Geely untuk upaya tersebut, dan akan mengembangkan perangkat lunak untuk kendaraan, sementara Geely berfokus pada perangkat kerasnya.

Meski demikian, Baidu menyatakan bahwa mereka akan menguasai sebagian saham perusahaan baru tersebut.

Sementara itu, pemerintah China juga telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mendorong perusahaan-perusahaan terbesarnya pada pengembangan teknologi ramah lingkungan, sekaligus berupaya mengalahkan kekuatan dunia lainnya.

Beijing telah menyindir bahwa rencana pengeluaran kebijakan larangan mobil gas sebenarnya sudah ada diatas meja sejak 2017, sebelum akhirnya benar-benar mengumumkan komitmen mereka menjadi negara yang bebas emisi karbon pada akhir tahun 2020 lalu. Hal tersebut tentunya menjadi dorongan luar biasa bagi sektor industri kendaraan listrik.

Saham Tesla Meroket, Elon Musk Jadi Pria Terkaya di Muka Bumi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia