logo


Dubes AS Kunjungi Taiwan Pekan Depan, China: Bermain-main dengan Api

China menentang rencana kunjungan dubes AS untuk PBB ke Taiwan pada pekan depan

8 Januari 2021 19:45 WIB

Dubes AS untuk PBB Kelly Craft
Dubes AS untuk PBB Kelly Craft istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Perwakilan Amerika Serikat dan Taiwan untuk PBB mengatakan bahwa seorang pejabat tinggi AS, Kelly Craft, akan berkunjung ke Taipei pada pekan depan dan dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pejabat tinggi Taiwan. Untuk diketahui, Kelly Craft adalah seorang Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB

"Selama kunjungan, Duta besar akan meningkatkan dukungan kuat dan berkelanjutan pemerintah AS terhadap ruang internasional Taiwan sesuai dengan kebijakan satu China AS yang diberdasar pada Taiwan Relations Act," kata perwakilan AS untuk PBB dalam sebuah pernyataan tertulis, dikutip Reuters.

Mereka menambahkan bahwa Kelly Craft akan berada di Taiwan selama tiga hari, mulai tanggal 13 hingga 15 Januari mendatang.


Tak Ingin Transisi Pemerintahan AS Kacau, Facebook Bisa Blokir Permanen Akun Donald Trump

Seperti sebagian besar di dunia, Amerika Serikat sendiri tidak memiliki hubungan diplomatik secara resmi dengan Taiwan. Meski demikian, AS tetap menjadi pihak pendukung terbesar negara pulau tersebut dan penyuplai terbesar persenjataan mereka, sesuai dengan Taiwan Relations Act 1979.

Sementara itu, China yang mengklaim Taiwan sebagai wilayah teritorialnya, tentu saja menentang rencana kunjungan tersebut.

"Kami berniat untuk memperingatkan Amerika Serikat bahwa siapa yang bermain-main dengan api akan terbakar sendiri. Amerika Serikat akan membayar dengan harga mahal atas tindakan keliru yang mereka lakukan," kata perwakilan China untuk PBB.

"China mendesak Amerika Serikat untuk menghentikan tindakan provokasi gilanya, berhenti membuat persoalan baru dalam hubungan AS-China dan kerja sama kedua negara dalam PBB, dan berhenti untuk melangkah lebih jauh dalam jalan yang keliru," tambahnya.

Snowden: Facebook Secara Resmi Membungkam Presiden Amerika Serikat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia