logo


Snowden: Facebook Secara Resmi Membungkam Presiden Amerika Serikat

Edward Snowden memperingatkan bahwa tindakan pemblokiran oleh Facebook tersebut bisa menimpa semua pengguna platform media sosial tersebut, tak hanya Donald Trump.

8 Januari 2021 17:00 WIB

Edward Snowden
Edward Snowden istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tindakan sejumlah platform media sosial, salah satunya Facebook, yang melakukan pemblokiran terhadap akun milik Donald Trump mendapat tanggapan dari berbagai pihak, termasuk Edward Snowden, salah satu orang yang paling dicari oleh AS karena membocorkan rahasia negara.

Penulis buku berjudul 'Permanent Record' tersebut menyebut tindakan Facebook tersebut akan diingat sebagai titik balik dalam pertempuran dalam mengendalikan kebebasan berpendapat dalam dunia digital.

"Facebook secara resmi membungkam Presiden Amerika Serikat," cuit Snowden pada Kamis (7/1).


Buntut Kerusuhan di Gedung Capitol, AS Jadi Bahan Ejekan Media China

Seperti diberitakan sebelumnya, Facebook memutuskan untuk memblokir akun Donald Trump setidaknya hingga Joe Biden resmi dilantik sebagai Presiden AS pada 20 Januari mendatang.

Dalam postingan berikutnya, Snowden memperingatkan bahwa pemblokiran akun Donald Trump tersebut seharusnya tidak ditanggapi dengan kegembiraan. Pasalnya, pemblokiran tersebut bisa dilakukan oleh Facebook terhadap akun manapun.

"Bayangkan dunia yang ada lebih dari 13 hari ke depan, dan ini menjadi tonggak sejarah yang akan tetap bertahan," tambahnya.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa ada resiko yang terlalu besar jika pihaknya tidak memblokir akun Donald Trump menjelang pelantikan Joe Biden sebagai presiden AS.

"Peristiwa yang mengejutkan dalam 24 jam terakhir dengan jelas menunjukkan bahwa Presiden Donald Trump bermaksud menggunakan sisa waktunya di Gedung Putih untuk merusak transisi kekuasaan yang damai dan resmi kepada penggantinya yang terpilih, Joe Biden," kata Zuckerberg dalam sebuah posting Facebook pada hari Kamis (7/1).

 

Tak Ingin Transisi Pemerintahan AS Kacau, Facebook Bisa Blokir Permanen Akun Donald Trump

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×