logo


Pendukungnya Bikin Onar di Gedung Capitol, Sejumlah Akun Media Sosial Trump Diblokir

Twitter, Facebook, Instagram telah memblokir akun milik Donald Trump untuk sementara waktu menyusul insiden unjuk rasa pendukung Trump di Gedung Capitol pada Rabu (6/1)

7 Januari 2021 19:07 WIB

Donald Trump
Donald Trump istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Twitter dan Facebook pada Rabu (6/1) mengunci sementara akun Presiden Donald Trump, untuk menindaklanjuti klaim tak berdasar tentang pemilihan presiden AS di tengah aksi kerusuhan yang terjadi di ibu kota AS, Washington DC.

Twitter menyembunyikan dan mewajibkan penghapusan tiga tweet Trump "sebagai akibat dari situasi kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan sedang berlangsung di Washington, DC", menyusul massa pendukung Trump menyerbu Gedung Capitol AS dalam upaya untuk memaksa Kongres memblokir penunjukan Presiden terpilih Joe Biden.

Seorang wanita tewas tertembak di dalam gedung Capitol saat kekacauan terjadi.


Trump dan Pendukungnya Harus Terima Keputusan, Berikut Beberapa Reaksi Pemimpin Dunia terkait Kerusuhan di Washington

Twitter mengunci akun Trump selama 12 jam dan mengatakan bahwa jika tweet tidak dihapus, akun tersebut akan tetap terkunci, yang berarti presiden tidak akan dapat mengirim tweet dari akun @realDonaldTrump.

Sementara itu, dalam postingan Twitter, Facebook juga mengumumkan bahwa pihaknya memblokir halaman Trump sehingga akun tersebut tidak dapat mengunggah postingan selama 24 jam setelah melakukan dua pelanggaran kebijakan.

Facebook dan YouTube yang merupakan platform media sosial milik Alphabet, juga menghapus video di mana Trump melontarkan tudingan terkait adanya tindak kecurangan dalam penghitungan suara Pilpres ketika dia meminta pengunjuk rasa untuk pulang.

Video itu dihapus dari laman Instagram yang juga mengunci akun Trump selama 24 jam. Hal tersebut disampaikan oleh Adam Mosseri, kepala Instagram dalam sebuah tweet.

Trump Janji Pelantikan Joe Biden Bakal Digelar dengan Tertib pada 20 Januari Mendatang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×