logo


Trump Janji Pelantikan Joe Biden Bakal Digelar dengan Tertib pada 20 Januari Mendatang

Joe Biden akan secara resmi dilantik sebagai presiden AS pada 20 Januari mendatang, menggantikan posisi Donald Trump

7 Januari 2021 18:30 WIB

Donald Trump
Donald Trump bbc

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Donald Trump mengatakan bahwa proses "transisi" pemerintahan pada 20 Januari 2021 mendatang akan dilakukan secara tertib setelah Kongres menyelesaikan proses penghitungan suara pemilihan pada Kamis pagi (7 Januari), yang memenangkan Joe Biden.

"Meskipun saya sama sekali tidak setuju dengan hasil pemilu, dan fakta menunjukkan kepada saya, namun akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari," kata Trump dalam pernyataan tertulisnya dikutip Channel News Asia.

"Meskipun ini mewakili akhir masa jabatan pertama terbesar dalam sejarah kepresidenan, ini hanyalah awal dari perjuangan kami untuk Membuat Amerika Hebat Lagi!" tambahnya.


Kim Jong Un Berencana Perkuat Kemampuan Militer Korut

Seperti diketahui, sejak pertengahan November lalu, Trump terus menolak untuk mengakui kemenangan Joe Biden dan bahkan membuat tuduhan tidak berdasar tentang sejumlah tindak kecurangan yang terjadi dalam proses penghitungan suara.

Proses penghitungan suara yang berakhir pada Kamis (7/1) di Kongres dipimpin oleh Wakil Presiden Mike Pence.

Sebelumnya, Trump terlihat memaklumi insiden pendudukan di Capitol AS oleh para pendukungnya pada hari Rabu (6/1), dalam upaya untuk mendesak Kongres untuk tidak menyatakan Joe Biden sebagai presiden terpilih AS untuk masa jabatan 2021-2024.

"Ini adalah hal-hal dan peristiwa yang terjadi ketika kemenangan pemilu yang sakral longsor begitu begitu saja & dengan kejam dilucuti dari para patriot hebat yang telah lama diperlakukan secara buruk & tidak adil," tulis Trump dalam pesan yang kemudian dihapus oleh Twitter.

Dia menambahkan, “Pulanglah dengan cinta & damai. Ingatlah hari ini selamanya! ”

Trump dan Pendukungnya Harus Terima Keputusan, Berikut Beberapa Reaksi Pemimpin Dunia terkait Kerusuhan di Washington

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia