logo


Trump dan Pendukungnya Harus Terima Keputusan, Berikut Beberapa Reaksi Pemimpin Dunia terkait Kerusuhan di Washington

Insiden kerusuhan yang terjadi di Gedung Capitol, Washington DC mendapat kecaman dari berbagai pemimpin negara lain

7 Januari 2021 17:45 WIB

Para pendukung Donald Trump yang menyerbu Gedung Capitol pada Rabu (6/1)
Para pendukung Donald Trump yang menyerbu Gedung Capitol pada Rabu (6/1) istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Ratusan massa pendukung Donald Trump pada Rabu (6/1) menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Capitol di Washington, DC untuk menolak keputusan Kongres yang menyatakan Joe Biden sebagai pemenang Pilpres AS. Massa bahkan berhasil menerobos barikade pasukan keamanan dan masuk ke dalam gedung tersebut.

Insiden tersebut tentu saja memicu reaksi kritikan dan kecaman dari berbagai pihak internasional. Berikut beberapa tanggapan dari sejumlah petinggi dunia.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau


Australia Desak China Segera Beri Ijin Masuk Tim Peneliti Covid-19 WHO

"Masyarakat Kanada sangat terganggu dan sedih dengan serangan terhadap demokrasi di Amerika Serikat, sekutu dan tetangga terdekat kami. Kekerasan tidak akan pernah berhasil dalam mengesampingkan keinginan rakyat. Demokrasi di AS harus ditegakkan - dan itu akan terjadi,"


Perdana Menteri India Narendra Modi

PM India Narendra Modi mengatakan bahwa dirinya sangat "sedih melihat berita tentang kerusuhan dan kekerasan di Washington, DC".

“Perpindahan kekuasaan yang tertib dan damai harus dilanjutkan. Proses demokrasi tidak dapat diubah melalui protes yang melanggar hukum. "


Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Mass

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas menyebut adegan kerusuhan sebagai kemenangan bagi "musuh demokrasi", dengan mengatakan bahwa mereka akan "senang dengan gambar-gambar mengerikan dari Washington, DC" sambil berbicara kepada presiden dan para pendukungnya:

"Trump dan pendukungnya harus menerima keputusan pemilih Amerika pada akhirnya dan berhenti menginjak-injak demokrasi".


Perdana Menteri Australia Scott Morrison

"Pemandangan yang sangat menyedihkan di Kongres AS. Kami mengutuk tindakan kekerasan ini dan menantikan pemindahan Pemerintahan secara damai ke pemerintahan yang baru saja terpilih dalam tradisi besar demokrasi Amerika".

 

AS Akan Jatuhkan Sanksi terhadap Pihak yang Ikut Terlibat dalam Penangkapan Aktivis Demokrasi Hong Kong

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia