logo


Kim Jong Un Berencana Perkuat Kemampuan Militer Korut

Dalam sebuah rapat Kongres Partai, Kim Jong Un mengatakan bahwa dirinya akan memperkuat kemampuan militer Korea Utara

7 Januari 2021 17:15 WIB

Kim Jong-un
Kim Jong-un nikkei

SEOUL, JITUNEWS.COM - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan bahwa dia akan meningkatkan kemampuan militer Korea Utara untuk memperkuat pertahanan negara. Hal tersebut ia sampaikan dalam rapat kongres partai seperti dilaporkan oleh media pemerintah Korut hari Kamis (7/1).

Dilansir dari Reuters, Kongres Partai Kedelapan, yang dimulai pada hari Selasa (5/1), dilakukan saat Korea Utara tengah menghadapi peningkatan krisis ekonomi akibat adanya penutupan wilayah perbatasan yang diberlakukan untuk mencegah masuknya wabah virus corona, serangkaian bencana alam, dan sanksi internasional atas program senjata nuklirnya.

Pertemuan itu juga dilakukan hanya beberapa hari sebelum Presiden terpilih AS Joe Biden secara resmi dilantik, setelah pertemuan pribadi antara Kim dan Presiden Donald Trump sebelumnya gagal mencapai kesepakatan dalam negosiasi denuklirisasi atau pelonggaran sanksi.


AS Akan Jatuhkan Sanksi terhadap Pihak yang Ikut Terlibat dalam Penangkapan Aktivis Demokrasi Hong Kong

Dalam sebuah sesi yang digelar pada hari Rabu, Kim mendiskusikan mengenai kebijakan untuk membuat "perubahan nyata dalam meningkatkan standar hidup masyarakat," sehari setelah dia mengakui bahwa tujuan ekonomi Korea Utara sebelumnya telah mengalami kegagalan.

Untuk mengamankan "lingkungan yang damai" bagi rakyat dan negara, Kim berjanji akan "menempatkan kemampuan pertahanan negara pada tingkat yang jauh lebih tinggi, dan mengupayakan realiasasinya."

Sejak mengumumkan moratorium uji coba nuklir dan peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) yang dideklarasikan sendiri mulai 2018, Kim telah menyerukan kelanjutan produksi senjata nuklir, meluncurkan serangkaian rudal yang lebih kecil, dan mengungkapkan rencana perakitan ICBM terbesar di Korea Utara.

Suriah Respon Serangan Roket Israel di Sekitar Kota Damaskus

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia