logo


KITA luncurkan Multiversitas, Maman Imanulhaq: Pendidikan Kebangsaan Jadi Prioritas

Multiversitas KITA melakukan pembelajaran yang bertujuan mengembangkan kesadaran kebangsaan pada masa kontemporer.

7 Januari 2021 10:49 WIB

Anggota Dewan Syuro DPP PKB, KH. Maman Imanulhaq
Anggota Dewan Syuro DPP PKB, KH. Maman Imanulhaq ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) menggelar diskusi reboan dengan tema "Multiversitas KITA". Diskusi dipandu oleh Badan Kebijakan bidang SDM dan Training, Tuswahid dengan narasumber Ketua Majelis Hikmah KITA, Taufik Rahzen.

Hadir juga Ketua Umum KITA, KH Maman Imanulhaq dan Sekretaris Jenderal KITA, Ayep Zaki. Diskusi yang digelar pada Rabu (6/1) sore itu, dilakukan secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom.

Pada kesempatan itu, KITA juga meluncurkan website Multiversitas KITA di laman www.multiversitaskita.com. Multiversitas adalah lembaga pembelajaran terbuka (open learning) tentang kesadaran kebangsaan, kewargaan, dan alam bumi Indonesia. Pertemuan rutinnya digelar di Museum Kebangkitan Nasional Jakarta.


Beri Catatan Terkait PP Kebiri, PKB: Anak Perlu Diberi Sex Education

Multiversitas KITA melakukan pembelajaran secara daring dan luring yang tujuannya menyemai dan mengembangkan kesadaran kebangsaan pada masa kontemporer.

Taufik Rahzen memaparkan, ada 4 materi pokok yang dikembangkan dalam multiversitas yang mereka sebut dengan "Mandala Pengetahuan" berdasar pada empat tujuan nasional yakni melindungi segenap bangsa dan tanah tumpah darah; mencerdaskan kehidupan bangsa; memajukan kesejahteraan umum, ekonomi berkeadilan; dan penciptakan perdamaian abadi yang merdeka dan adil, sistem global.

Maman Imanulhaq pada kesempatan itu menambahkan, pada era kini, pendidikan kebangsaan harus menjadi prioritas di tengah distorsi sosial dan politik yang memanas. Maman mengingatkan Pentingnya penanaman nasionalisme pada segenap masyarakat Indonesia.

"Multiversitas adalah jawaban untuk menyemai kesadaran kebangsaan dalam kehidupan bernegara. Pancasila digunakan sebagai epistemologi pembelajaran dan disiplin ilmu," kata Maman Imanulhaq.

Maman yang juga merupakan anggota DPR RI ini mengajak publik untuk ikut bergabung dalam Multiversitas KITA agar semakin banyak ide dan gagasan untuk mengkaji dan mengembangkan kesadaran kebangsaan pada masa kontemporer.

Risma Blusukan, PKB: Membenahi Manajemen Kemensos Lebih Penting dari Sekadar Blusukan

Halaman: 
Penulis : Iskandar