logo


Fiat-Chrysler Segera Merger dengan PSA, Bakal Jadi Produsen Mobil Terbesar ke-4 Dunia

Merger antara Fiat-Chrysler dengan PSA akan melahirkan sebuah perusahaan baru bernama Stellantis

6 Januari 2021 20:00 WIB

Fiat-Chrysler
Fiat-Chrysler Russia Today

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Para pemegang saham Fiat Chrysler Automobiles dan Group PSA, produsen mobil Peugeot dan Citroën Prancis, telah menyetujui rencana merger senilai $ 58 miliar yang akan mengubah kedua perusahaan tersebut menjadi sebuah produsen mobil terbesar keempat di dunia.

Dilansir dari RT.com pada Rabu (6/1), perusahaan baru hasil penggabungannya akan diberi nama Stellantis. Penggabungan kedua produsen otomotif tersebut dilaporkan akan dapat memicu penghematan tahunan hingga miliaran dolar serta meningkatkan pengembangan kendaraan listrik dan otonom, yang diproyeksikan akan mengubah industri otomotif secara drastis dalam beberapa tahun mendatang.

Seperti diketahui, Fiat Chrysler adalah perusahaan otomotif yang memproduksi mobil-mobil terkenal seperti Chrysler, Dodge, Jeep, Fiat, Alfa Romeo, Maserati dan Lancia. Sedangkan PSA sendiri adalah produsen dari sejumlah merek mobil Peugeot, Citroën, DS, Opel dan Vauxhall.


Penjualan Mobil di Inggris pada 2020 Terburuk Sejak Perang Dunia Kedua

Setelah proses merger selesai, nilai perusahaan baru itu nantinya akan mencapai $ 58 miliar, dan menempatkan Stellantis pada posisi keempat produsen mobil terbesar di dunia.

Pada 2019 lalu, jika jumlah penjualan mobil kedua perusahaan tersebut digabung, maka jumlahnya masih dibawah produsen otomotif asal Jerman, Volkswagen. Fiat-Chrysler dan PSA hanya berhasil menjual 8 juta unit mobil, atau sekitar tiga juta unit lebih sedikit daripada Volkswagen.

Fiat-Chrysler dan PSA sebelumnya diketahui hanya bersaing di pasar Eropa, dimana PSA bisa dibilang tidak "eksis" di pasar AS. Sedangkan Fiat-Chrysler menjadi nomor empat dalam hal penjualan mobil untuk pasar AS.

AS Jatuhkan Sanksi terhadap Sektor Baja Iran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×