logo


Penjualan Mobil di Inggris pada 2020 Terburuk Sejak Perang Dunia Kedua

Data SMMT menunjukkan bahwa jumlah mobil baru yang terjual di Inggris selama tahun 2020 hanya 1,63 unit

6 Januari 2021 18:00 WIB

Pabrik perakitan mobil Toyota di Burnaston Inggris
Pabrik perakitan mobil Toyota di Burnaston Inggris istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Penjualan mobil baru di Inggris mengalami penurunan hingga mencapai 30 persen pada tahun 2020 lalu dan merupakan penurunan terburuk sejak 1943 atau era Perang Dunia Kedua. Hal tersebut merupakan dampak buruk dari pemberlakuan aturan lockdown.

Menurut data yang dihimpun oleh Asosiasi Pedagang dan Produsen Otomotif Inggris (SMMT), jumlah permintaan mobil pada tahun 2020 hanyalah 1,63 juta unit, terlebih saat aturan lockdown dilakukan secara nasional pada bulan April 2020.

"Kami mengalami kerugian hampir 750 ribu unit selama tiga atau empat bulan, yang mana kita tidak akan pernah dapat mengembalikannya," kata Kepala SMMT Mike Hawes dikutip Reuters.


Iran Kembali Minta Interpol Tangkap Donald Trump Terkait Insiden Tewasnya Qasem Solemani

Meski sempat buka kembali pada bulan Juni, namun semua showroom mobil di Inggris kembali ditutup saat terjadinya gelombang kedua Covid-19 pada bulan November 2020.

SMMT juga memperkirakan jika penjualan mobil di Inggris pada tahun 2021 ini masih dibawah 2 juta unit, dimana sektor tersebut masih "gugup" dalam memperkirakan tingkat penjualan pada bulan Maret atau selama kuartal pertama, yang biasanya menjadi periode penjualan tertinggi dalam satu tahun, menyusul adanya perubahan dalam seri nomor kendaraan setelah Inggris resmi keluar dari Uni Eropa.

"Dimana industri berfokus pada saat ini, adalah apa yang perlu kita coba lakukan untuk menopang penjualan...menopang proses manufaktur pada dua atau tiga bulan mendatang, khususnya bulan Maret menjadi sebuah waktu yag kritis bagi industri dan hal tersebut (penjualan) tidak diragukan lagi juga akan terdampak," ujar Hawes.

WHO Kecewa China Belum Beri Ijin Masuk Tim Peneliti Covid-19 Internasional

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia