logo


Bank Dunia Prediksi Ekonomi Global Tahun 2021 Tumbuh 4%

Bank Dunia memperkirakan perekonomian global tumbuh 4% dengan mulainya program vaksinasi

6 Januari 2021 15:15 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bank Dunia memperkirakan bahwa perekonomian global akan mengalami peningkatan hingga 4% pada tahun 2021 ini seiring dengan dijalankannya program vaksinasi Covid-19.

"Meski ekonomi global kembali meningkat setelah mengalami kontraksi 4,3% pada 2020, (namun) pandemi telah menyebabkan banyaknya kasus infeksi dan merenggut banyak korban jiwa, mengakibatkan jutaan orang masuk ke dalam kemiskinan, dan mungkin akan menekan kegiatan perekonomian dan tingkat pemasukan dalam periode yang lebih panjang," kata Bank Dunia dalam siaran persnya.

Meski demikian, pemulihan ekonomi tampaknya masih akan sangat lemah, kecuali pemerintah berhasil "menjinakkan" dampak pandemi dan mengimplementasikan reformasi peningkatan investasi.


Pengadilan Inggris Putuskan Pendiri WikiLeaks Tak Bisa Diekstradisi ke AS, Kenapa?

"Meski perekonomian global tampaknya akan sedikit pulih, pemerintah masih menghadapi sejumlah tantangan yang hebat dalam hal kesehatan masyarakat, manajemen hutang, kebijakan anggaran...dan reformasi struktural," kata Presiden Bank Dunia David Malpass.

"Untuk mengatasi dampak pandemi (terhadap sektor ekonomi)...diperlukan sebuah dorongan yang luar biasa dalam peningkatan lingkungan bisnis, peningkatan jumlah tenaga kerja dan fleksibilitas pasar barang, serta penguatan transparansi dan pemerintahan," tambahnya.

Bank Dunia juga memperkirakan bahwa aktifitas global masih tidak bisa lepas dari bayang-bayang dampak buruk pandemi dalam waktu yang lama, dimana dampak buruk ini tampaknya akan memperparah perlambatan perkembangan global hingga 2030 mendatang.

 

Menuju Kepunahan, Jumlah Populasi Penduduk Korea Selatan Terus Menurun

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia