logo


Abu Bakar Ba'asyir Bebas, Begini Tanggapan Novel PA 212

Pembebasan KH Abu bakar Ba’asyir tanpa campur tangan rezim.

5 Januari 2021 15:16 WIB

Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212, Habib Novel Bamukmin, usai menjadi pembicara dalam diskusi publik ‘Narasi Politik Reuni 212’ yang diselenggarakan oleh Jitunews.com, Jumat (30/11).
Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212, Habib Novel Bamukmin, usai menjadi pembicara dalam diskusi publik ‘Narasi Politik Reuni 212’ yang diselenggarakan oleh Jitunews.com, Jumat (30/11). Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wasekjen DPP PA 212 Novel Bamukmin menilai pembebasan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir tak berkaitan dengan intervensi pemerintah.

“Pembebasan KH Abu bakar Ba’asyir jelas berdiri sendiri tanpa campur tangan rezim,” kata Novel, seperti dikutip dari Pojoksatu.id, Selasa (5/1).

Menurut Novel, pendiri Pondok Pesantren Ngeruki itu dibebaskan karena masa tahanan telah habis. Selain itu, ia menuding ada upaya kriminalisasi terhadap Ba'asyir.


Kelompok Teroris JI Dibekali Surat Wasiat, Polri: Keluarga Diberi Santunan Jika Mati Syahid di Syuriah

Diketahui, Abu Bakar mendekam di sel khusus Blok D tahanan teroris Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat selama 15 tahun.

“Karena memang masa waktu tahanan telah habis namun ulah dari rezim ini adalah mengkriminalisasi (ulama),” ujarnya.

Diwartakan sebelumnya, Abu Bakar Ba’asyir dijadwalkan bebas dari Lapas Gunung Sindur Bogor, pada Jumat 8 Januari 2021.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti mengatakan, Ba’asyir akan bebas karena masa pidananya selama 15 tahun telah usai.

“Yang bersangkutan akan dibebaskan pada 8 Januari 2021 sesuai dengan tanggal ekspirasi atau berakhirnya masa pidana,” kata Rika, Senin (4/1/2021).

Dalam pembebasan Ba’asyir nanti, Ditjen Pemasyarakatan akan bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dan Detasemen Khusus 88 Antiteror.

Minta Abu Bakar Ba'asyir Tetap Diawasi Meski Sudah Bebas, DPR: Cukup dari Jauh

Halaman: 
Penulis : Iskandar