logo


Menuju Kepunahan, Jumlah Populasi Penduduk Korea Selatan Terus Menurun

Data yang dihimpun oleh pemerintah Korsel pada tahun 2020 menunjukkan jika angka kematian di negara tersebut jauh lebih besar daripada jumlah kelahiran

4 Januari 2021 22:29 WIB

Bendera Korea Selatan
Bendera Korea Selatan kumparan

SEOUL, JITUNEWS.COM - Pemerintah Korea Selatan mengatakan bahwa untuk pertama kalinya, jumlah populasi masyarakat Korea Selatan mengalami penurunan pada tahun 2020, dimana tingkat kematian lebih tinggi daripada tingkat kelahiran. Mereka juga memperingatkan bahwa sejumlah kota yang berada di kawasan dengan perekonomian yang rendah menghadapi "krisis kepunahan".

Korea Selatan, yang duduk di peringkat ke-12 negara dengan perekonomian terbesar di dunia, sebenarnya adalah salah satu negara dengan tingkat harapan hidup terpanjang di dunia. Ironisnya, negara ini juga merupakan negara dengan rasio kelahiran terendah di dunia.

Menurut data Kementerian Dalam Negeri Korsel, per tanggal 31 Desember 2020 lalu jumlah populasi mereka adalah 51.829.023 jiwa, atau mengalami penurunan mencapai 20.838 jiwa dari tahun 2019. Sementara itu, angka kelahiran terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun.


Menkes Inggris Sebut Varian Baru Covid-19 Afrika Selatan Lebih Berbahaya

"Di sejumlah kawasan dengan perekonomian, infrastruktur kesehatan dan pendidikan yang rendah, krisis kepunahan semakin meningkat," kata Kementerian Dalam Negeri Korsel dalam pernyataan tertulis, dikutip CNA.

Oleh karena itu, mereka meminta adanya "perubahan fundamental" dalam kebijakan pemerintah, termasuk kebijakan soal pendapatan dan pendidikan masyarakat.

Menurut sejumlah pakar, ada sejumlah faktor yang menyebabkan fenomena ini terjadi, diantaranya adalah meningkatnya harga perumahan ditambah dengan ketatnya persaingan dalam mendapatkan pekerjaan dengan upah yang mencukupi.

Pemerintah Korea Selatan sendiri sebenarnya sejak tahun 2006 yang lalu sudah menghabiskan dana lebih dari 180 triliun won ($166 miliar) untuk meningkatkan angka kelahiran, namun jumlah populasi Korea Selatan diperkirakan akan terus menurun menjadi hanya 39 juta pada tahun 2067 mendatang.

Pengadilan Inggris Putuskan Pendiri WikiLeaks Tak Bisa Diekstradisi ke AS, Kenapa?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia