logo


Lockdown Sudah Diperketat Sebelum Natal, tapi Kasus Covid-19 di Jerman Terus Meningkat

Jumlah kasus Covid-19 di Jerman saat ini tetap tinggi meski mereka sudah memperketat aturan lockdown sejak sebelum hari raya Natal 2020 lalu

4 Januari 2021 18:26 WIB

Jerman
Jerman istimewa

BERLIN, JITUNEWS.COM - Jerman tampaknya akan memperpanjang aturan lockdown secara nasional guna menekan laju penyebaran wabah Covid-19 yang semakin membuat fasilitas kesehatan dan tenaga medis kewalahan.

Kanselir Angela Merkel dan sejumlah kepala daerah Jerman diharapkan untuk menyepakati perpanjangan aturan pembatasan melalui rapat yang akan digelar pada Selasa (5/1). Sejauh ini, masih belum jelas sampai kapan aturan pembatasan sosial berskala besar di Jerman tersebut akan diberlakukan.

"Jumlah kasus masih terlalu tinggi, sehingga kita harus memperpanjang aturan pembatasan," kata Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn kepada siaran televisi RTL pada Sabtu akhir pekan lalu, dikutip CNA.


PM Thailand Minta Warga Lockdown Diri di Rumah Usai Kasus Covid-19 Meningkat

"Hal tersebut lebih baik dilakukan daripada terlalu dini dalam melonggarkan aturan pembatasan yang kemudian kita akan menghadapi persoalan baru yang lebih sulit," tambahnya.

Otoritas Jerman sendiri telah memperketat aturan lockdown sebelum perayaan Natal 2020 lalu, termasuk menutup seluruh restoran dan sebagian besar pertokoan. Meski demikian, jumlah kasus tetap meningkat dan dimana jumlah kematian bahkan mencapai lebih dari 1.000 kasus/hari.

Tingkat infeksi Covid-19 di Jerman sendiri saat ini berkisar antara 140 hingga 100 ribu orang pada tujuh hari belakangan ini. Sementara itu, pemerintah Jerman sudah sepakat bahwa mereka hanya akan melonggarkan aturan pembatasan jika tingkat infeksi harian di bawah 50 kasus.

Terlebih dengan mulai menyebarnya varian baru COvid-19, sejumlah tokoh politik dan pakar kesehatan bahkan meminta aturan pembatasan tidak dicabut hingga rata-rata tingkat infeksi turun menjadi 25 kasus/hari selama satu pekan.

"Kita akan melihat pada pekan depan di rumah sakit-rumah sakit, betapa kuatnya perayaan Natal berkontribusi terhadap penyebaran Covid-19," kata Uwe Janssens, salah satu pakar kesehatan Jerman, kepada the Rheinische Post.

Tak Ingin Lockdown Jepang, Status Darurat Hanya untuk Kawasan Tokyo

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×