logo


Vaksin Sinovac Mulai Didistribusikan, Ini Saran dari Anggota DPR

Saleh mengatakan bahwa persiapan penerimaan vaksin adalah hal yang penting dilakukan.

4 Januari 2021 10:22 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, memberikan saran terkait distribusi vaksin Covid-19 dari Sinovac ke seluruh daerah di Indonesia. Saleh mengatakan bahwa persiapan penerimaan vaksin adalah hal yang penting dilakukan.

"Pertama yang disiapkan itu adalah tentu tempat penyimpanan vaksin. Tempat penyimpanan vaksin suhunya itu harus tetap diatur, kalau nggak salah antara 2 sampai 8 derajat Celsius vaksin Sinovac ini, itu harus dijaga," kata Saleh kepada wartawan, Minggu (3/1).

"Persiapan itu penting sekali dilakukan daerah, jangan sampai sudah di daerah (vaksinnya), suhunya tidak stabil. Akhirnya vaksinnya malah nggak berfungsi, jadi tidak baik," imbuh Saleh.


Vaksinasi Covid-19 Butuhkan Waktu 15 Bulan, Berikut Jadwal Penyuntikannya

Saleh meminta daerah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang akan melakukan vaksinasi.

"Jadi kita dorong mereka yang melakukan vaksinasi itu para medianya tetap memakai APD, kemudian alat-alat injeksi dan seterusnya harus lengkap, itu harus betul-betul baik dan profesional," katanya.

Menurutnya, tenaga medis yang harus divaksinasi pertama.

"Nah tenaga medis yang akan divaksin ini sekali lagi tolong didata lagi secara menyeluruh. Jangan sampai ada yang tidak masuk daftar," kata Saleh.

Seperti diketahui, PT Bio Farma menyatakan ada 3 juta dosis vaksin dari Sinovac tiba di Indonesia dan akan didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia.

Viral Vaksin Sinovac Mengandung Jaringan Kera, Bio Farma Beri Penjelasan Ini

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata