logo


Viral Vaksin Sinovac Mengandung Jaringan Kera, Bio Farma Beri Penjelasan Ini

Juru bicara vaksin Covid-19 PT Bio Farma, Bambang Herianto, S.Si, Apt mengatakan bahwa Vero Cell tidak ada dalam kandungan vaksin

4 Januari 2021 07:00 WIB

Vaksin Sinovac
Vaksin Sinovac ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejumlah platform media sosial diramaikan dengan beredarnya informasi yang menyebut vaksin Sinovac mengandung jaringan 'kera hijau Afrika' atau Vero Cell.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara vaksin Covid-19 PT Bio Farma, Bambang Herianto, S.Si, Apt mengatakan bahwa informasi tesebut tidak benar atau hoaks. Ia mengatakan bahwa Vero Cell tidak ada dalam kandungan vaksin. Ia mengatakan bahwa Vero Cell tidak ada dalam kandungan vaksin. Ia menyebut Vero Cell hanya digunakan sebagai media kultur.

"Sel Vero ini tidak akan ikut sampai proses akhir pembuatan. Vaksin Covid-19 Sinovac saat ini sedang dalam proses aspek kehalalannya oleh LP POM MUI untuk mendapatkan sertifikasi halal," kata Bambang dalam konferensi pers Minggu (3/1/2021).


Khofifah Positif Covid-19, DPD RI: Warning Kepada Semua Pihak untuk Menerapkan Prokes

Bambang juga menjelaskan terkait label " Only for clinical trial" pada label kemasan. Ia mengatakan bahwa vaksin yang akan disuntikkan dalam program vaksinasi berbeda dengan vakin yang digunakan dalam uji sampel.

Ia mengatakan bahwa vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi menggunakan single dose, sementara vaksin yang digunakan saat uji sample, kemasan dan jarum suntik terpisah. Ada penandaan "only for clinical trial" pada kemasan.

Vaksinasi Covid-19 Butuhkan Waktu 15 Bulan, Berikut Jadwal Penyuntikannya

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati